Optimalkan Fungsi Website Desa, Kecamatan Parang Gelar Workshop Jurnalistik

57
ANTUSIAS: Para anggota KIM, kades, dan perangkat saat mengikuti workshop jurnalistik di Hotel Rejeki, Sarangan,

MAGETAN –  Kecamatan Parang, Magetan, tak mau ketinggalan teknologi informasi. Seiring adanya website di masing-masing desa wilayah setempat, pihak kecamatan berupaya mendorong para pengelolanya agar fungsi website tersebut bisa lebih dioptimalkan.

Itu dilakukan agar semua potensi desa dapat dikenal khalayak lebih luas. Begitu pula segala informasi yang dirasa perlu disebarkan ke masyarakat. Tidak keliru jika Kecamatan Parang berusaha memoles keterampilan jurnalistik anggota kelompok informasi masyarakat (KIM) di masing-masing desa demi eksistensi website tersebut. Salah satunya lewat workshop jurnalistik seperti yang digelar di Hotel Rejeki kawasan wisata Telaga Sarangan Rabu (19/6).

‘’Selain berbagai potensi desa, program di setiap desa juga bisa diinformasikan lewat website itu sehingga masyarakat bisa ikut mengawasi jalannya pemerintahan desa,’’ kata Camat Parang Yatmono Tri Handoyo usai membuka acara workshop.

Selain anggota KIM, peserta workshop juga diikuti para kepala desa dan sejumlah perangkat se-Kecamatan Parang. ‘’Kami berharap melalui workshop ini juga bisa menambah wawasan mereka tentang IT (information technology, Red), karena untuk menyebar luaskan informasi pastilah menggunakan sarana berupa teknologi,’’ bebernya.

Dia juga berharap melalui workshop muncul sinergi yang baik di kelembagaan desa untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang valid, berimbang, valid, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Redaktur senior Jawa Pos Radar Madiun Wawan Isdarwanto yang diundang sebagai pemateri kemarin menjelaskan panjang lebar seputar dunia jurnalistik. Mulai teknik penulisan berita, news value, hingga fotografi. Juga kaidah-kaidah yang perlu dikedepankan media maupun para pekerja pers.

‘’Saya senang bisa berbagi ilmu. Apalagi, para peserta workshop tadi (kemarin, Red) cukup antusias. Terbukti dari berbagai pertanyaan yang dilontarkan saat sesi tanya-jawab,’’ ujarnya. (ebo/bel/isd/adv/bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here