Ngawi

Ony-Antok Lolos Swab Test

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pasangan Ony Anwar-Dwi Rianto ’’Antok’’ Jatmiko bakal hadir langsung ke KPU saat proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati (bacabup-bacawabup) Ngawi hari ini. Kepastian itu disampaikan setelah swab test keduanya menunjukkan hasil negatif.

Ony mengaku lega hasil tes menyatakan dirinya terbebas dari Covid-19. Pun, rencana mendaftar bersama sejumlah pendukungnya dengan bersepeda usai salat Jumat siang ini dapat terealisasi. ‘’Insya Allah tetap sesuai rencana,’’ ujarnya Kamis (3/9).

Kelegaan juga dirasakan Antok. Sebab, hasil swab test yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Ngawi pada Rabu lalu (2/9) menunjukkan negatif Covid-19. ‘’Alhamdulillah aman,’’ kata Antok sembari memperlihatkan hasil swab test-nya yang negatif.

Antok menyebut, swab test sejatinya bukan termasuk salah satu syarat bagi pasangan calon untuk mendaftar di KPU. ‘’Walaupun hasil swab test menunjukkan positif, jika persyaratan yang ditetapkan KPU untuk mendaftar terpenuhi tetap bisa lolos. Jadi, swab test hanya sebagai persyaratan mendaftar, bukan pendaftaran,’’ paparnya.

Sementara itu, Ketua KPU Ngawi Prima Aequina menjelaskan bahwa kewajiban melampirkan hasil swab test negatif Covid-19 bagi pasangan bacabup-bacawabup saat mendaftar sesuai ketentuan PKPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19. Meski sifatnya wajib, Prima memastikan hasil swab test tidak berpengaruh terhadap persyaratan pencalonan.

Dia menyebut, bagi bakal calon (balon) yang dinyatakan positif Covid-19 tetap bisa mendaftar di KPU. Hanya, yang bersangkutan tidak diperkenankan hadir langsung. Melainkan prosesnya dituangkan dalam berita acara dan pemeriksaan berkas persyaratannya dilakukan menggunakan teknologi informasi (TI). Sedangkan pemeriksaan kesehatan menunggu hingga yang bersangkutan dinyatakan sembuh. ‘’Jadi, tidak berpengaruh pada lolos tidaknya calon,’’ tegasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close