Pacitan

Ongkos-Kuota Haji 2019 Berubah Tipis

PACITAN – Para calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini tidak perlu berkecil hati. Sebab, ongkos naik haji (ONH) 2019 beda tipis dari tahun lalu. ‘’Di Pacitan hampir tak ada perbedaan, tapi kami masih menunggu keputusan presiden (keppres),’’ kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Pacitan Agus Hadi Prabowo kemarin (8/2).

Menurut Agus, ONH tahun ini diperkirakan Rp 35,2 juta per orang. Sementara tahun lalu berkisar Rp 35,6 juta. Namun, nominal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sebelum ditetapkan presiden. ‘’Kalaupun berubah, hanya tambah sedikit. Atau kalau kurang juga sedikit,’’ ujarnya.

Pun kuota jamaah tak jauh beda dari tahun sebelumnya. Yakni, mengikuti kuota haji Jawa Timur. Jatah Pacitan berkisar 153 jamaah dari 35.034 total kuota jamaah Jawa Timur. Pun bakal ditambah beberapa jamaah yang sudah haji, penggabungan makhram, serta lansia dan pendampingnya. ‘’Totalnya mungkin sekitar 170 jamaah,’’ ungkap Agus sembari menyebut mereka pendaftar tujuh tahun silam.

Terkait daftar tunggu untuk menunaikan rukun Islam kelima tersebut, bila daftar bulan ini, harus antre 24 hingga 25 tahun ke depan. Atau sekitar tahun 2045. Pasalnya, di Pacitan jumlah warga yang masuk daftar tunggu sekitar 5.000 jiwa. Pun setiap tahun ada ratusan warga yang mendaftar untuk pergi haji.

Agus menambahkan, bagi pasangan suami istri (pasutri) yang ingin berangkat haji bersama-sama, bisa membuka tabungan haji lebih dulu. Jika salah satu membuka tabungan Rp 25 juta, mereka dapat berangkat bersama-sama. ‘’Syaratnya, tiga tahun sebelum keberangkatan salah satu didaftarkan maka bisa berangkat bersama-sama,’’ terangnya. (mg6/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close