ODHA Usia Produktif Didominasi LSL

74

MADIUN – Penyebab munculnya HIV/AIDS di Kabupaten Madiun masih didominasi hubungan pasangan heteroseksual, terutama mereka yang terbiasa ’’jajan’’ diluar. Meski begitu, komisi penanggulangan AIDS daerah (KPAD) setempat mewaspadai penularan melalui hubungan lelaki suka lelaki (LSL).

Mirisnya lagi, para LSL tersebut mayoritas memiliki istri. Karena itu, potensi menularkan HIV lebih besar karena cenderung melakukan hubungan seks dengan pasangan tanpa alat kontrasepsi. ”Si perempuannya rentan tertular karena itu,’’ kata Ketua KPAD Kabupaten Madiun Agrim Churnia kemarin (7/2).

Dia menduga, pria sudah beristri tapi menjadi LSL karena ingin merasakan sensasi baru hubungan seks dengan sesama jenis. ”Kadang mereka sengaja menyasar anak di bawah umur yang memang sedang mencari jati diri sehingga mudah dipengaruhi,’’ bebernya.

Agrim menyebut, orang dengan HIV/AIDS (ODHA) dari kalangan pria usia produktif mayoritas merupakan LSL. Pun, perilaku seks menyimpang itu ditengarai muncul sejak mereka masih remaja.

Di sisi lain, pihaknya kesulitan menjangkau para LSL lantaran mereka umumnya tertutup. Berbeda dengan waria yang cenderung lebih berani menunjukkan eksistensinya. ‘’Tapi, kami akan terus pantau. Sebisa mungkin melakukan pendekatan,’’ katanya. (mg4/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here