Nongkrong di Taman Candi, 4 Pelajar Digaruk

248

NGAWI – Sejumlah pelajar SMA di Ngawi ditertibkan satuan polisi pamong praja (satpol PP). Setidaknya, empat siswi kedapatan nongkrong saat jam pelajaran di Taman Candi, Ngawi, Selasa (17/7) pukul 10.00.

Demi menjaga ketenteraman dan ketertiban umum, korps penegak perda yang tengah patroli rutin itu memberi pembinaan di tempat dan lantas membuyarkan keempat pelajar tersebut. ‘’Mereka mengaku akan melaksanakan kegiatan di kawasan Taman Candi,’’ kata Kasi Pembinaan Satpol PP Ngawi Arif Setyono.

Empat pelajar yang berada di kawasan Taman Candi, Ngawi, kemarin mewarnai tahun pelajaran baru 2018/2019. Spontan, petugas menggaruk mereka dan menghampiri pelajar yang masih berseragam itu. ‘’Ada juga yang mengaku dipulangkan karena ada kegiatan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah, Red),’’ ujar Arif.

Pengakuan yang berbeda tersebut membuat petugas patroli curiga. Apalagi, keempat pelajar tersebut masih mengenakan seragam sekolah. Ada yang mengenakan setelan olahraga dan ada juga yang memakai rok abu-abu khas seragam SMA. Mengantisipasi adanya kecondongan yang mengarah kenakalan remaja, petugas saat itu juga memberikan pembinaan di tempat kepada empat pelajar tersebut. ‘’Kami lakukan pembinaan langsung di lokasi,’’ tuturnya.

Berbelitnya jawaban empat pelajar tersebut saat dimintai keterangan membuat petugas geram. Meski begitu, keempat pelajar tersebut manggut-manggut mendapat pembinaan dari petugas agar tidak berada di tempat umum saat jam pelajaran berlangsung. Dirasa cukup dan tidak ditemukan hal-hal lain yang kiranya lebih condong mengarah pada kenakalan remaja, keempat pelajar tersebut lantas dibubarkan. ‘’Setelah diberi pembinaan, mereka kami minta kembali ke sekolah atau ke rumah masing-masing kalau memang benar pihak sekolahnya memulangkan sebagian anak didik karena ada MPLS,’’ terang Arif.

Pihaknya bakal menggelar patroli di tempat-tempat umum secara rutin. Tujuannya untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban umum. Untuk beberapa waktu ke depan, lanjut Arif, patroli bakal difokuskan menekan bibit-bibit kenakalan remaja. Terlabih bagi para pelajar lantaran momen tahun pelajaran baru. ‘’Akan lebih kami maksimalkan pantauan di tempat umum kepada remaja yang masih berseragam sekolah,’’ pungkasnya. (mg8/c1/rif)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here