Laka LantasMadiun

Ngebut, Toyota Fortuner Terempas di Tol Madiun-Wilangan

MADIUN – Jalan bebas hambatan memang melenakan. Banyak pengendara yang tergoda melaju sekencang-kencangnya. Kemarin (11/12) Toyota Fortuner AE 1663 EK terjengkang di jalanan antimacet itu.

Gara-gara melaju kencang menjelang tikungan, mobil double cabin yang dikemudikan Sudarto, 51, menghantam guardrail. Hingga terjengkang keluar dari simpang susun Km 601 tol Madiun-Wilangan masuk Desa/Kecamatan Sawahan tersebut. Kecepatan kendaraan berpenumpang Retno Widiastuti, 48, istri Sudarto, itu ditengarai lebih dari 100 kilometer per jam. Beruntung, kedua warga Desa Bagi, Madiun, itu selamat. ‘’Hanya lecet. Airbag-nya berfungsi semua,’’ kata Septian Eka Sandy, anggota patroli Jasamarga Ngawi Kertosono (JNK) yang ikut mengevakuasi korban.

Septian yang sempat berkomunikasi dengan korban mendapati informasi bila jarum spidometer menunjuk 160 kilometer per jam menjelang interchange Madiun. Namun, coba diturunkan kala mendekati tikungan tajam yang melingkar ke kiri. Namun, kemudi sulit dibelokkan. Akibatnya, kendaraan melaju lurus hingga menghantam pagar pembatas. Karena masih kencang, mobil terbang miring 90 derajat ke kiri. ‘’Kurang tahu pengemudi juga mengerem atau sekadar mengurangi tekanan gasnya,’’ ujarnya kepada Radar Mejayan.

Kendaraan berkelir putih itu jatuh di ladang kosong desa setempat dengan jarak kurang dari 100 meter dari badan tol sekitar pukul 11.00. Posisinya miring dengan pintu kiri berada di bawah. Ketika petugas patroli layanan jalan tol JNK tiba, pengguna jalan dan warga setempat berupaya menyelamatkan korban yang terjepit kabin dan atap. ‘’Evakuasi dua jam terkendala medan,’’ ungkap Septian sembari menyebut jarak kendaraan dengan badan jalan tak sampai 100 meter.

Tidak ada dugaan bila sopir mengantuk. Dimungkinkan pula, Sudarto sudah paham bila jalur di depannya merupakan interchange. Sebab, kerap menggunakan jalan bebas hambatan yang baru diresmikan Maret lalu. ‘’Katanya perjalanan pulang dari Ngawi,’’ ucap Septian.

Bangkai mobil mewah itu dibawa ke pos gerbang tol Madiun. Bagian depannya ringsek hingga peranti mesinnya terlihat. Remukannya hingga bagian atap tepat di atas bangku depan. Kondisi terparah di sisi kanan akibat menghantam pagar pembatas besi beton. Bagian belakang sisi kiri mobil juga penyok. ‘’Diduga pengemudinya kurang memperhatikan kondisi jalan,’’ imbuh Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Affan Priyo Wicaksono. (cor/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
close
PENGUMUMAN
Close