Pacitan

Ngawen Kebakaran Tiga Kali dalam Tiga Jam

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Si jago merah ”marah” di Dusun Ngawen, Semanten, Pacitan, Senin (21/10). Kebakaran lahan tiga kali terjadi dalam kurun tiga jam di dusun setempat. Dua lokasi nyaris mendekati permukiman warga dan satu nyaris mengenai kabel listrik. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Kebakaran kali terakhir di lahan tak jauh dari rumah Tri Wahyuliana sekitar pukul 13.30. Kepulan asap pekat membuat dirinya dan tetangga semburat keluar rumah. Khawatir api merembet ke permukiman, warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. ‘’Takut karena sebelumnya kebakaran lahan di balik bukit,’’ kata Tri.

Kabid Damkar Satpol PP Pacitan Suyanto menyatakan, kebakaran pertama sekitar  pukul 10.00. Menghanguskan lahan pohon jati dan sengon. Api nyaris mengenai tiang listrik tepi jalan. Sedangkan untuk kebakaran kedua, jarak antara api dengan permukiman sekitar 50 meter. Waktunya hampir bersamaan dengan kebakaran di bukit. ‘’Tiga kejadian ini kemungkinan rembetan dari kebakaran pertama,’’ ujarnya.

Suyanto menduga ada unsur kesengajaan di balik kebakaran. Ada warga yang sengaja membakar lahannya untuk tujuan tertentu. Namun, api membesar dan merembet ke lahan lainnya karena angin kencang. ‘’Semoga pihak berwenang bisa memberikan shock therapy agar kejadian tidak terus terulang,’’ harapnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close