Pacitan

New Normal Pariwisata Pacitan Dibuka Bertahap

Masa Uji Coba Wisatawan Luar Daerah Boleh Berkunjung

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Bupati Indartato telah menerbitkan regulasi tentang pelaksanaan tatanan hidup normal baru di sektor pariwisata di Pacitan. Aturan itu bahkan telah disosialisasikan ke seluruh pelaku usaha pariwisata.

Direncanakan, dalam pelaksanaannya, reopening alias pembukaan kembali destinasi wisata melibatkan tim gugus tugas penanggulangan (TGTP) Covid-19. ‘’Kalau tidak ada masalah pada 1 Desember mendatang new normal wisata bagi pelancong dari luar daerah,’’ kata Kepala Disbudparpora Pacitan T. Andi Faliandra Minggu (12/7).

Namun demikian sebelumnya harus ada sejumlah persiapan yang mesti dilalui. Seperti simulasi selama sebulan. Yang mana kunjungan hanya diperuntukkan bagi wisatawan lokal Pacitan. Setelah itu dilanjutkan pada masa uji coba hingga 30 November. ‘’Kalau masa uji coba, wisatawan luar boleh datang namun dilarang menggunakan bus,’’ terangnya.

Tapi, Andi menjelaskan semua persyaratan reopening destinasi wisata itu tetap mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19 di Pacitan. Apabila penyebarannya bisa dikendalikan, pembukaan kembali sektor pariwasata di masa new normal dapat dilakukan tanpa hambatan. ‘’Seumpama ada kasus baru nanti teman-teman kesehatan bisa melihat dari mana sumbernya. Kalau ada penularan di wisata tentu jadi masalah,’’ jelasnya.

Saat ini baru Pantai Pidakan, Beiji Park dan Sentono Gentong yang sudah mengantongi rekomendasi simulasi kunjungan wisatawan. Andi berharap Pantai Klayar dan objek wisata lainnya yang dikelola pemkab bisa segera menyusul pemberlakuan simulasi. (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close