Nenek Hanyut di Kali Gandong Sejauh Tiga Kilometer

42

MAGETAN – Wajah Wawan begitu panik kemarin (9/4). Seketika mendapati Sulami, ibunya yang sudah berusia 70 tahun tak lagi berada di rumah. Padahal, jam masih menunjukkan pukul 04.00.

Mendapati hal tersebut, Wawan coba mencari tahu. Dengan cara berkeliling lingkungan tempat tinggalnya yang berada di Jalan Raung, Kelurahan Magetan. Tapi, tetap saja tidak ketemu. Ditengah kekalutannya itu, Wawan baru sadar. Kalau sehari sebelumnya, Sulami yang sudah sepuh itu sempat melontarkan keinginannya pergi ke Kali Gandong.

Teringat pesan itu, Wawan bergegas menuju ke sungai. Menyusuri sepanjang bibir sungai. Dengan harapan bisa menemukan ibunya. Setelah setengah jam mencari, Wawan mendapati sandal jepit yang biasa dikenakan ibunya itu tergeletak di dekat tanggul Kali Gandong yang sudah ambrol. ‘’Khawatir ada apa-apa saya kemudian melaporkan kejadian ini ke polsek (Magetan),’’ kata Wawan.

Selanjutnya, laporan Wawan itu diteruskan ke BPBD Magetan untuk kemudian dilakukan pencarian. Dugaan awal Sulami terpeleset dan tercebur ke Kali Gandong. ‘’Fokus pencarian kami mulai Kali Gandong 1, 2, sampai 3,’’ katanya.

Setelah lima jam proses pencarian dilakukan dengan cara menyusuri sepanjang sungai, korban akhirnya ditemukan. Hanya kondisinya sudah meninggal dunia. Dengan jasad mengapung di aliran sungai dan posisinya tersangkut.

Petugas BPBD Magetan yang berada di lokasi langsung mengevakuasi jasad korban. Tapi, proses itu tidak mudah dilakukan. Karena sulitnya medan yang curam. ‘’Jasad korban ditemukan sejauh tiga kilometer dari lokasi awal mula laporan tercebur di tanggul Kali Gandong,’’ terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra.

Hasil penyelidikan polisi, korban memang diketahui oleh pihak keluarga sudah pikun. Serta sering pergi keluar rumah tanpa pamitan dan kondisi tubuhnya sudah ringkih. ‘’Korban selanjutnya dibawa ke rumah duka setelah sebelumnya dilakukan visum luar,’’ ujar Fery. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here