Nelayan Hilang Akhirnya Ditemukan 1 Kilometer dari Tempat Kejadian

77

PACITAN – Setelah dua hari hilang di tengah lautan, Toijan tinggal jasad. Nelayan 45 tahun warga Dusun Karangturi, Sumberejo, Sudimoro, Pacitan, itu  ditemukan mengambang tak bernyawa satu kilometer dari tempat kejadian. Itu selang 30 jam dari peristiwa nahas Senin lalu (4/3). ‘’Ditemukan sekitar pukul 08.00 oleh nelayan lain yang sedang melaut,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Pujono kemarin (5/3).

Menurut Pujono, saat ditemukan kondisi jasadnya hampir tak dapat dikenali. Tubuhnya membengkak dengan berbagai luka gores. Itu diduga lantaran kondisi Pantai Ngobyog yang bergelombang tinggi dan penuh karang. Sementara, pakaian yang dikenakan hilang. Itu membuat pihak keluarga tak percaya. ‘’Keluarga kesulitan mengenali dan syok dengan kondisi korban,’’ ujar Pujono sembari menyebut korban dikenali dari postur tubuh.

Lantaran lokasi penemuan jauh dari rumah sakit serta sulitnya akses menuju lokasi, atas kesepakatan bersama visum dilakukan di rumah korban. Petugas puskesmas setempat menyatakan Toijan hilang nyawa murni lantaran kecelakaan. Sehingga, pihak keluarga memutuskan langsung memakamkannya. ‘’Goresan itu dari karang dan hasil visum memastikan murni kecelakaan,’’ paparnya.

Pujono menambahkan, upaya pencarian korban sempat mengalami kendala. Petugas BPBD yang dibantu tim SAR Trenggalek, kamladu, nelayan, serta aparat setempat kesulitan menyisir perairan Karangturi lantaran ombak dan angin kencang. Proses pencarian sempat dipecah dengan menyisir darat. ‘’Kami dibantu tim gabungan dan nelayan yang jumlahnya puluhan orang,’’ ungkapnya.

Sementara Kepala Dusun Karangturi Suwaris menyampaikan bahwa korban meninggalkan tiga anak, satu di antaranya kelas lima sekolah dasar. Sebelumnya, Toijan dinyatakan hilang tergulung ombak saat melaut Senin dini hari (4/3). Rekannya Supangat, 45, berhasil diselamatkan nelayan lain. Keduanya berencana hendak mengangkat jaring di sekitar perairan Karangturi yang dipasang sebelumnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here