Nekat Hura-Hura, Prom Night Batal

34

PACITAN – Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/SMK di Pacitan telah disepakati mepet waktu berbuka Senin (13/5). Tujuannya, mengantisipasi aksi konvoi dan corat-coret. Namun, SMAN 1 Pacitan memilih mengumumkan pagi hari. Para siswa kelas XII dikumpulkan di halaman sekolah untuk menerima pengumuman hasil ujian akhir mereka. ‘’Kami berani mengumumkan lebih pagi karena kami sudah berkomitmen dengan para siswa tak konvoi atu corat-coret baju,’’ kata Giyono, kepala SMAN 1 Pacitan.

Kesepatakan itu dibuat dengan jaminan kegiatan prom night yang bakal diselenggarakan OSIS secara mandiri. Sekolah bakal membatalkan momen yang amat ditunggu para lulusan itu bila adanya siswa melnggar kesepakatan. Pihaknya telah menempatkan beberapa guru di beberapa titik untuk memantau potensi aksi hura-hura pesta kelulusan siswanya. ‘’Acara itu (prom night, Red) dianggap penting oleh para lulusan. Jadi kami kira mereka akan berpikir dua kali untuk konvoi,’’ ujarnya.

Berkaca tahun sebelumnya, menurut Giyono, aksi corat-coret baju serta konvoi minim dilakukan peserta didiknya. Pun, para siswa memilih menggalang aksi sosial seperti donasi seragam serta sujud syukur ketimbang konvoi. ‘’Saya yakin meski kelulusan diumumkan lebih awal, namun tak ada aksi konvoi atau corat-coret baju,’’ tegasnya.

Dari 282 peserta didik yang mengikuti UNBK 100 persen lulus. Pun hasilnya cukup memuaskan. Bahkan beberapa siswa dapat nilai lebih dari 370 dari 400 poin sempurna. Dia memperkirakan tahun ini hasil yang didapat lebih baik. ‘’Ada beberapa siswa yang mendapat nilai seratus untuk beberapa mata pelajaran,’’ tambah Giyono.

Renaldi, salah seorang siswa, bersyukur esetelah dinyatakan lulus. Meski sempat nervous saat UNBK, namun secara keseluruhan nilai yang didapat memuaskan. Dia juga memilih mendonasikan seragamnya guna membantu siswa lain yang butuh seragam sekolah. Dia berharap donasi tersebut bakal meringankan beban mereka yang membutuhkan. ‘’Daripada dicorat-coret atau menumpuk di almari, lebih baik didonasikan,’’ pungkas Aldi. (gen/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here