KriminalitasNgawi

Napi Selundupkan Sabu dalam Roti Brownies

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pengapnya ruang tahanan ternyata tidak membuat Rama Cahya Pramudika kapok. Narapidana kasus narkoba itu kedapatan berusaha menyelundupkan sabu-sabu ke dalam sel Lapas Ngawi. Serbuk haram tersebut diletakkannya di dalam roti brownies. ‘’Tersangka sebelumnya divonis penjara empat tahun dengan kasus penyalahgunaan narkotika sejak Agustus 2019,’’ kata Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto saat press release Kamis (19/3).

Aksi tersebut dilakukan Rama pada Selasa lalu (3/3). Narkoba jenis metamfetamin itu diselipkan ke dalam adonan roti brownies oleh saudaranya yang datang menjenguk. Apes, saat melewati X-ray screening, narkoba berbentuk serbuk kristal itu terdeteksi.

Petugas lapas yang berjaga saat itu langsung meminta bungkus roti tersebut dibuka dan dipotong. Hasilnya, ditemukan sabu-sabu seberat 1,97 gram yang terbungkus plastik hitam di dalam roti. ‘’Dari keterangan tersangka dan hasil pemeriksaan saudaranya, dia mengaku tidak mengetahui keberadaan obat terlarang dalam roti tersebut dan hanya dititipi seseorang yang mengaku teman dari tersangka,’’ terang kapolres.

Dicky mengungkapkan, sebelumnya tersangka sudah terlebih dahulu memesan sabu tersebut ke rekannya via telepon dari fasilitas warung telepon (wartel) yang disediakan oleh pihak lapas. Tersangka mengaku membeli sabu-sabu itu seharga Rp 3 juta. ‘’Rencananya sabu-sabu tersebut akan dikonsumsinya sendiri di dalam lapas,’’ ujarnya.

Saat ini, pihaknya terus berusaha mengembangkan kasus tersebut. Termasuk memburu pemasok sabu tersangka ke dalam lapas. ‘’Dari keterangan tersangka, baru sekali melakukan upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas,’’ tutur perwira dengan dua melati di pundak itu.

Sementara, dalam kurun waktu sebulan terakhir pihaknya telah menangkap delapan tersangka narkoba. Dari mereka barang bukti yang diamankan berupa 3,45 gram sabu-sabu dan 1.586 butir pil koplo. ‘’Penangkapan tersebut dilakukan di sejumlah wilayah Ngawi dan merupakan pengembangan dari beberapa tersangka,’’ jelas Dicky. (mg1/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close