AdvertorialMadiun

Nambangan Lor dan Manisrejo Juara Lomba Kampung Tangguh Kota Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kelurahan Manisrejo dan Nambangan Lor keluar sebagai juara kampung tangguh Kota Madiun, Kamis (6/8). Keduanya kelurahan itu mendapat nilai sama 175 dari dewan juri.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, kampung tangguh semeru itu sengaja dilombakan untuk menguji konsistensi masyarakat. Termasuk ketangguhan dan keampuhan dalam menangani serta mencegah penyebaran Covid-19. Dia menilai kegotong royongan yang dilakukan masyarakat cukup bagus sesuai dengan arahan Kapolda maupun Gubernur Jatim. “Jadi, kita lombakan ini biar menambah semangat semua kelurahan untuk mengerem Covid-19. Harapannya kampung tanggung itu ampuh lagi dan ada tim ekonomi kreatif yang dijadikan satu disitu. Kondisi ini diharapkan segera mengangkat perekonomian di Kot Madiun,” katanya.

Ada sejumlah indikator penilaian. Di antaranya semua kegiatan penegak protokol kesehatan menjadi dasar utama. Mulai barang dan pendatang masuk ke kampung tangguh seluruhnya dicek. Termasuk ketersediaan lumbung pangan dan dapur umum. Sehingga, kampung itu dapat hidup mandiri dan apabila ada masalah dapat diselesaikan. “Semua kegiatan ekonomi berjalan, tapi covid-19 harus kita rem. Kita tanggulangi, protokol kesehatan harus tetap diutamakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol R.S Terr Pratiknyo mengungkapkan hadirnya kampung tangguh semeru dapat menekan penyebaran virus korona. Pun serangkaian kegiatan di kampung tangguh dipastikan bertujuan untuk menjaga warga tetap sehat dan produktif meski berada di masa pandemi Covid-19. “Kami tentunya turut bahagia dan bangga, bahwa optimalisasi kegiatan hari ini yang dilakukan oleh kampung tangguh di Kota Madiun sebagai wujud partisipasi dari masyarakat untuk menjaga warganya agar tetap dalam kondisi yang sehat. Baik aman Covid-19, aman narkoba dan aman kesehatan. Jadi, setiap warga diharapkan mampu membangun kondisi sehat di lingkungannya,” jelasnya.

Seperti diketahui, dari kegiatan Final Penilaian Kampung Tangguh Kota Madiun, keluar sebagai juara pertama masing-masing Kelurahan Manisrejo dan Nambangan Lor. Kedua kelurahan itu mendapat 1 ton beras. Juara 2 kampung tangguh Kelurahan Kanigoro mendapat 8 kuintal beras. Juara 3 Kelurahan Nambangan Kidul mendapat 6 kuintal beras.

Kemudian Harapan 1 diraih kampung tangguh Kelurahan Rejomulyo mendapat 5 kuintal beras. Harapan II Kelurahan Pandean mendapat 4 kuintal beras dan Juara Harapan III Kelurahan Klegen mendapat 3 kuintal beras. Sedangkan kampung pelopor diraih Kelurahan Winongo, Mojorejo dan Tawangrejo. Tidak hanya itu seluruh kampung tangguh di 27 kelurahan se Kota Madiun diganjar 1 kuintal beras. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close