Mundur dari UNBK, 15 Siswa MA Terancam Tidak Lulus

42

MAGETAN – Kesempatan 15 siswa madrasah aliyah (MA) untuk bisa lulus dari bangku sekolah pada tahun ajaran ini lenyap. Mereka dipastikan tidak lulus lantaran memutuskan mengundurkan diri dari pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Berdasarkan data sementara yang diterima cabang dinas pendidikan Jatim wilayah Magetan, kelimabelas siswa itu berasal dari MA Muro’atuddin dan MA Al Fatah. Hanya pihak penyelenggara belum mengetahui penyebab pasti empat siswa MA Muro’atuddin dan sebelas siswa MA Al Fatah itu memilih mengundurkan diri dari UNBK. ‘’Kurang tahu apa penyebabnya. Yang pasti, mereka sudah keluar sejak semester II,’’ terang Waka Kesiswaan MA Muro’atuddin Yudha Isninawati kemarin (4/4).

Pihak madrasah sebenarnya sudah berusaha menghubungi para siswa tersebut. Hasilnya, mereka menyatakan memang sudah tidak mau sekolah. Mendengar jawaban itu, pihak madrasah sempat membujuk seluruh siswa tersebut untuk kembali sekolah dan mengikuti UNBK.

Apalagi mereka sudah terlanjur terdaftar sebagai peserta ujian. Meski begitu, mereka tetap saja menolak. ‘’Sejak pelaksanaan simulasi UNBK dan simulasi ujian akhir madrasah berstandar nasional berbasis computer (UAMBNBK) mereka sudah tidak ikut,’’ ungkap Yudha.

Menurutnya, masalah ini sudah pihaknya laporkan ke cabang dinas pendidikan dan kantor kementerian agama (kemenag). Dari situ diperoleh jawaban agar semua siswa yang mengundurkan diri itu dicoret dalam daftar nominasi tetap (DNT). ‘’Tapi, saat pengambilan kartu ujian, ternyata nama mereka masih tercantum,’’ katanya.

Sementara itu, Kasubbag TU Kantor Kemenag Magetan Muttakin mengaku pihaknya belum mengetahui secara pasti alasan kelimabelas siswa dari MA Muro’atuddin dan MA Al Fatah itu mengundurkan diri. Tapi, yang jelas mereka tidak bisa akan mengikuti ujian susulan. ‘’Mereka dianggap sudah keluar. Kalau susulan itu bagi siswa yang absen karena halangan. Tapi, kami akan berkoordinasi dengan pihak sekolah,’’ tuturnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here