Mulai Tahun Depan SMAN/SMKN Bebas SPP

58

NGAWI – Kabar baik datang dari dunia pendidikan. Mulai tahun depan, jenjang pendidikan SMA/SMK negeri bebas dari sumbangan pembinaan pendidikan (SPP). Pemprov Jatim akan menggelontorkan dana sebagai pengganti duit SPP yang sebelumnya dibebankan kepada orang tua atau wali murid. ‘’Itu (pembebasan SPP, Red) berlaku mulai tahun ajaran baru nanti,’’ kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Madiun Supardi kemarin (1/5).

Supardi menjelaskan, besaran dana pengganti SPP untuk SMA berbeda dengan SMK. Untuk SMA, dana bantuan jatuh di nominal Rp 65 ribu per siswa. Sementara, untuk SMK dibedakan menjadi dua jenis. Jurusan teknis Rp 135 ribu per siswa. Sedangkan nonteknis, seorang siswa mendapat jatah Rp 100 ribu.

Ketentuan besaran tersebut berlaku untuk wilayah Ngawi. ‘’Bantuan akan disalurkan ke masing-masing sekolah. Tentunya dihitung sesuai jumlah murid yang ada di sekolah tersebut,’’ terang Supardi kepada Radar Ngawi.

Lalu, bagaimana dengan siswa SMA atau SMK partikelir? Supardi mengungkapkan, bantuan pengganti SPP tersebut juga berlaku bagi sekolah sejenjang yang berstatus swasta. Namun, dana yang akan dikucurkan belum tentu sesuai nominal SPP yang dibebankan sekolah masing-masing.

‘’Besarannya sama, Rp 65 ribu per siswa untuk SMA, dan Rp 135 ribu atau Rp 100 ribu per siswa untuk SMK. SPP di sekolah swasta kan yang menentukan sekolah tersebut. Jadi, bisa di atas itu. Dikurangi dana pengganti dari provinsi, itu yang dibayar siswa,’’ paparnya.

Supardi tidak menampik bahwa nantinya akan terjadi perputaran uang dengan nominal yang lebih besar di SMA/SMK. Sebab, bantuan pengganti SPP tersebut bukan termasuk dana bantuan operasional sekolah (BOS). ‘’Dengan adanya ketentuan baru seperti ini diharapkan dibarengi dengan peningkatan kualitas pendidikan,’’ pungkas Supardi. (den/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here