Madiun

MUI Kota Madiun Usulkan Wisata Religi Serupa Masjid Turki

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun mengusulkan pembangunan masjid baru yang lebih representatif. Usulan itu mengemuka dalam rapat kerja (raker) dewan pimpinan MUI Kota Madiun beberapa hari lalu.

Ketua MUI Kota Madiun Sutoyo mengatakan, aspek religi perlu diperkuat. Salah satunya dengan mewujudkan tempat ibadah yang tak pernah sepi jamaah. ‘’Kemajuan Kota Madiun jangan hanya lahiriah, tapi juga batiniah,’’ kata Sutoyo.

Seperti halnya Masjid Namira di Lamongan dan Masjid Jogokariyan di Jogjakarta. Dua masjid tersebut mempunyai arsitektur yang unik dan modern. Sehingga banyak dikunjungi oleh masyarakat. ‘’Dua masjid itu sudah menjadi tujuan wisata religi. Saya pikir Kota Madiun tidak kalah dengan dua daerah tersebut,’’ ujarnya.

Konsep itu diakuinya sesuai dengan program wali kota. Karena ingin menarik sebanyak-banyaknya masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Kota Madiun. Masjid Agung Baitul Hakim sebenarnya sangat layak untuk wisata religi. Begitu juga Masjid Kuno Taman dan Masjid Kuncen. ‘’Tidak hanya pedagangnya (UMKM) yang maju, tapi orang-orangnya mempunyai kekuatan iman luar biasa,’’ ungkap Sutoyo.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Madiun Maidi mengaku sudah mempunyai gambaran untuk pembangunan masjid baru. Konsep awal masjid akan dibangun di Asrama Haji. Agar suasana di ring road barat semakin hidup, kawasan itu sekaligus bakal disulap menjadi rest area. ‘’Tapi setelah dikaji, luas lahan tidak mencukupi. Nanti akan saya tempatkan di Peceland,’’ kata Maidi.

Kebetulan masterplan tempat wisata tematik itu sudah jadi. Di dalamnya terdapat bangunan masjid modern. Posisinya di rest area. Maidi mengaku akan mengonsep kembali konstruksi dan arsitektur masjid tersebut. ‘’Saya sudah punya konsep masjid bagus seperti halnya di Istanbul (Turki),’’ ungkapnya.

Adapun tempat ibadah yang dimaksud adalah Masjid Sultan Ahmed atau Masjid Biru. Menurutnya, konsep masjid tersebut sangat klasik, namun arsitektur bangunannya sangat modern. Masjid itu sekarang menjadi jujukan wisatawan dunia karena desainnya yang unik dan menarik. ‘’Jadi, kalau ada masjid bagus di Peceland, orang-orang pasti akan berbondong-bondong untuk ibadah, istirahat, dan kulineran,’’ tandasnya. (her/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close