Mobil Yaris Kinyis-Kinyis Tertimpa Kanopi Roboh

237

MADIUN – Robohnya kanopi kantor Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Madiun bikin gaduh. Menyusul ada sejumlah kalangan memelintir peranti yang ambruk atas insiden kemarin siang (23/1) adalah konstruksi bangunan. Adanya kabar bohong itu diungkapkan oleh kepala kantor yang beralamat di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Madun, tersebut. ‘’Sama sekali tidak benar, kalau di medsos (media sosial, Red) ada yang bilang bangunannya ambruk,’’ kata Kepala ATR/BPN Kabupaten Madiun Dwi Budi Martono.

Budi menegaskan bagian yang ambruk itu hanya kanopi yang difungsikan menutup atap kendaraan parkir. Ukurannya sekitar 3×6 meter. Jatuh mengenai mobil Toyota Yaris nopol AD 8487 ZI milik salah seorang karyawannya yang diparkir tepat di bawah kanopi. Tidak ada bagian gedung lain yang roboh. Sedangkan penyebab ambruknya peranti peneduh dari ketinggian sekitar tiga meter itu karena faktor non-teknis. Bukan akibat kesalahan pemasangan konstruksi bangunannya. ’’Karena tidak kuat menahan beban dua pekerja yang naik di atasnya. Itu desainnya memang bukan untuk diberikan beban hidup,’’ ujarnya.

Kantor ART/BPN itu adalah bangunan baru yang diresmikan pekan lalu. Budi mendapati kanopi itu bocor beberapa hari lalu ketika hujan mengguyur. Dia lantas mengkomplain rekanan pelaksana terkait kerusakan itu. Pun meminta segera dilakukan perbaikan. Sebab kerusakan masih menjadi tanggungan rekanan di masa perawatan selama enam bulan sesuai kontrak kerja. Permintaan itu ditindaklanjuti dengan mengirimkan dua pekerja kemarin. ’’Tapi ternyata pekerjanya itu pocokan, tidak tahu teknisnya,’’ bebernya kepada Radar Mejayan.

Budi mengungkapkan dua pekerja itu melakukan perbaikan dengan bagian tubuh di atas kanopi. Seharusnya tidak boleh seperti itu. Akibatnya, kanopi diduga tidak kuat menahan beban hingga akhirnya ambruk. Proses tersebut berlangsung pelan. Sehingga dua pekerja bisa langsung meloncat turun. Keduanya tidak menderita luka. ‘’Saya tadi (kemarin) sempat ngobrol dengan pekerja untuk mengetahui kronologinya,’’ ucapnya.

Meski tidak ada korban jiwa, mobil karyawan BPN rusak. Kanopi menimpa tepat di atas mobil berkelir hitam tersebut. Bodi samping kiri dan spionnya ringsek. ’’Rekanan berjanji memperbaiki kanopi selama seminggu dan tanggung jawab terhadap kerusakan mobil,’’ tandasnya. (cor/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here