Miris Benar Kondisi Pengidap Tumor Tulang Ini

126

PONOROGO – Tidak pernah terbayang di benak Sunarto penyakit yang diderita bakal separah ini. Warga Desa Gandukepuh, Kecamatan Sukorejo, itu menderita tumor tulang sejak satu setengah tahun lalu. Kini Sunarto hanya menghabiskan waktunya dengan terbaring lemas di tempat tidur.

Semula benjolan di paha kiri Sunarto itu hanya sebesar genggaman tangan orang dewasa. Namun, lama-kelamaan semakin membesar hingga dia berinisiatif memeriksakan diri ke RSUD. ‘’Tidak dapat menangani, kemudian dirujuk ke rumah sakit di Solo,’’ kata Sunarto kemarin (18/10).

Akhir tahun lalu Sunarto menjalani perawatan di RS Ortopedi dr Soeharso. Di rumah sakit itu sebagian benjolan di pahanya dipotong untuk dijadikan sampel uji laboratorium. ‘’Belum operasi waktu itu, kemudian bisa pulang ke rumah,’’ lanjutnya.

Dua bulan berselang, tepatnya Februari lalu, hasil dari uji laboratorium keluar. Sunarto divonis menderita tumor tulang dan harus menjalani operasi. ‘’Saat itu juga saya dioperasi. Ini bekas jahitannya masih kelihatan,’’ ujarnya kepada Radar Ponorogo.

Alih-alih sembuh, pasca-operasi, penyakit Sunarto justru semakin parah. Benjolan di pahanya kian hari kian membesar. Saat ini seukuran dua kali kepala orang dewasa. Akibatnya, Sunarto yang semula masih dapat berjalan, kini hanya tergeletak lemas sambil menahan nyeri yang setiap saat menyerang.

Sebenarnya dia dijadwalkan menjalani operasi kedua bulan ini. Namun, saat Nur Hidayati istrinya menghubungi pihak rumah sakit, operasi harus ditunda dengan alasan peralatan rusak. ‘’Disuruh menunggu, belum tahu kapan operasinya. Katanya alatnya harus pesan dahulu ke luar negeri,’’ kata Hidayati.

Hidayati pun tak kuat menahan isak tangis saat wartawan koran ini berkunjung ke rumahnya. Dia tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Apalagi, obat dari dokter telah habis. ‘’Diolesi minyak kayu putih. Kalau pas nyeri gitu seperti sudah tidak kuat lagi,’’ tuturnya.

Penyakit yang diderita sang suami memaksa anak semata wayangnya dititipkan ke neneknya di Kediri. Pun hingga kini tidak ada bantuan dari pemkab untuk keluarga Sunarto. ‘’Kalau dari komunitas sosial cukup banyak yang memberi bantuan,’’ ungkapnya. (mg7/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here