Madiun

Minggu Pagi Sunday Market Lagi

MADIUNJawa Pos Radar Madiun – Setelah lama vakum selama pandemi, Sunday Market buka perdana Minggu ini (7/6). Putaran roda perekonomian kerakyatan setiap pekan itu bakal dijalankan ketat sesuai protokol kesehatan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono telah melakukan pendekatan dengan paguyuban agar menyampaikan kepada seluruh pedagang terkait penerapan protokol kesehatan. ‘’Tetap menjaga jarak agar tidak terjadi kerumunan di satu titik,’’ katanya.

Gaguk memastikan standar pencegahan dan penanganan Covid-19 tetap diutamakan. Karena itu, dia perlu sosialisasi sebelum Sunday Market dibuka kembali. ‘’Pedagang dan pengunjung wajib mengenakan masker. Bagi yang tidak mematuhinya tidak diizinkan masuk,’’ tegasnya.

Wali Kota Madiun Maidi meminta dinas perdagangan menyusun mekanisme pelaksanaan tatanan normal baru untuk Sunday Market. Jarak antar pedagang minimal dua meter. Akses keluar-masuk hanya lewat satu pintu. ‘’Sebelumnya ada banyak pintu, kita batasi agar mempermudah petugas untuk melakukan pengawasan,’’ kata Maidi.

Maidi menegaskan hanya 200 pedagang yang diizinkan buka lapak di pembukaan perdana ini. Mengoreksi ratusan pedagang yang sebelum pandemi tembus 760-an pelapak. Terkoreksi sekitar 560 pedagang. ‘’200 pedagang itu yang jarak rumahnya dekat dengan Sunday Market,’’ ujarnya.

Pengunjung tak boleh lebih dari 400 orang. Pemkot juga menerapkan pembatasan jam operasional. Jika sebelum pandemi dibuka mulai pukul 06.00-12.00, kini hanya sampai pukul 10.00. ‘’Semuanya harus ditata dan ini akan dievaluasi,’’ tuturnya. Maidi menegaskan pembukaan Sunday Market untuk menggerakkan roda perekonomian. ‘’Tatanan normal baru ini sebenarnya sudah kita mulai bersama. Masyarakat harus tetap disiplin mematuhinya,’’ imbuh Maidi. (kid/c1/fin) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close