Meski Tingkat Kerawanan Rendah, Pam Tidak Dikendurkan

89

PACITAN – Polres Pacitan menerjunkan 582 personel untuk pengamanan (pam) hajatan Pemilu 2019. Dari jumlah total tersebut, yang dipamkan di tempat pemungutan suara (TPS) 390 personel. Perincian dua orang personel polres dan 20 perlindung masyarakat (linmas ) untuk setiap 10 TPS. ‘’Mereka akan mengamankan 1.971 TPS,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Sugandi kemarin (9/2).

Menurut dia, tingkat kerawanan di masing-masing TPS diperkirakan minim. Hal tersebut berdasarkan survei dan mapping yang telah pihaknya lakukan. Pun bedasar pengalaman beberapa kali pelaksaan pemilu dan pilkada sebelumnya. Bahkan TPS di Pacitan disebut masuk kategori kurang rawan. ‘’Kategori TPS itu rawan dan kurang rawan,’’ tambahnya.

Meski begitu pihaknya tidak underestimate. Dia tetap berharap pengamanan TPS tidak dikendurkan. Untuk itu bhabinkamtibmas, babinsa, kades dan lainnya bakal intens melakukan deteksi dini akan potensi kerawanan. Termasuk saat kampanye. ‘’Kerawanannya akibat hoax, ujaran kebencian , penghinaan dengan modal isu SARA dan lainnya,’’ bebernya.

Dengan deteksi dini pihaknya bisa segera mengambil tindakan. Jika muncul kerawanan, pihaknya bakal meningkatkan kategori TPS kurang rawan menjadi rawan atau sangat rawan. Menyesuaikan konflik yang terjadi. Selain itu, pihaknya pun bakal menerjunkan lebih banyak personel di TPS tersebut. ‘’Kami akan sesegera mungkin memperbanyak personel polisi dan linmas,’’ pungkasnya. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here