Mereka yang Berjaya di Randu Alas Highlands Challenge 2019 (3)

62

Usianya sudah kepala enam. Namun, semangat Hari Poernomo mengayuh sepeda di lintasan balap tidak kalah dengan mereka yang masih muda. Bahkan, pada RAHC 2019 pria itu mampu finis pertama kategori upper 56.

====================

SEPTIAN RESKA, Madiun, Jawa Pos Radar Madiun

BAGI Hari Poernomo, mengayuh sepeda bukan hal baru lagi. Sudah sekitar tiga dekade pria ini hobi gowes. Tak terkecuali melahap rute kawasan pegunungan. Tidak salah jika dia cukup menguasai medan saat mengikuti event Randu Alas Highlands Challenge (RAHC) 2019, Sabtu lalu (31/8). ‘’Yang terpenting saat ikut event kondisi badan fit, selain latihan,’’ katanya.

Hari akrab dengan sepeda sejak 1989 silam. Namun, baru pada 2009 menjadikannya sebagai sarana berolahraga. Sepuluh tahun lalu dia bergabung klub IPSM. Sejak itu pula dia semakin  getol gowes dan menempuh jarak panjang.

 ‘’Awalnya cuma untuk mengisi waktu senggang,’’ ujar warga Kelurahan Patihan, Manguharjo, Kota Madiun, ini.

Menyambut RAHC 2019, Hari pun intens berlatih. Tidak tanggung-tanggung, dia pernah mancal sepeda dari Madiun ke Solo pergi-pulang hanya beberapa kali istirahat. ‘’Kalau ada event lagi seperti Randu Alas (RAHC 2019, Red) kemarin pasti ikut,’’ tuturnya.

Hari memiliki cara tersendiri untuk menjaga stamina saat berpacu di lintasan lomba. Di antaranya, mengonsumsi makanan bervitamin. Selain itu, meminum ramuan madu dan telur ayam kampung. ‘’Kalau usia sudah tidak muda, tantangannya memang lebih berat,’’ sebutnya.

RAHC 2019 sendiri bagi Hari terasa istimewa. Selain berhasil meraih podium tertinggi, event tersebut dikemas menarik. Dari hasil itu pula dia meyakini masih mampu bersaing pada event-event serupa hingga beberapa tahun ke depan. *** (isd/c1/bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here