Ngawi

Mereka yang Berjaya di Jamus 100 Km 2019 (1)

Podium I kategori MTB Jamus 100 Km 2019 tidak akan dilupakan Renoza Aldi Pratama. Selain menaklukkan tanjakan terjal dan sengatan panas, dia harus beradaptasi dengan roda ban pinjaman.

====================

SUGENG DWI, Ngawi, Jawa Pos Radar Ngawi

RENOZA Aldi Pratama melepas sepasang roda ban belakang dan depan berukuran 29. Dibantu rekannya, cyclist juara I Jamus 100 Km 2019 kategori MTB (mountain bike) itu memasang ukuran lebih kecil, yakni 27.5. ‘’Nyaris tidak bisa ikut karena lupa membaca regulasi,’’ kata Renoza.

Ya, perjuangan Renoza memenangi Jamus 100 Km harus menemui batu sandungan menjelang start di Pendapa Ngawi, Sabtu pagi (19/10). Warga lingkungan Velodrom, Sawojajar, Kota Malang, itu harus mencari pinjaman roda sepeda. Sebab, spesifikasi sepeda yang dibawanya ternyata menyalahi standar yang ditentukan panitia. ‘’Untung ada yang baik hati meminjami,’’ ujarnya.

Modal ban pinjaman membuat pemuda 25 tahun itu beradaptasi dalam balapan. Apalagi, Renoza baru setahun main MTB. Sebelumnya dia menggeluti BMX selama 14 tahun. Termasuk melibas medan dengan roda ukuran 27.5. ‘’Lumayan panik dan tegang,’’ akunya.

Balapan di Bumi Orek-Orek juga menjadi pengalaman pertama Renoza. Tanjakan Jamus membuatnya sempat kaget. Apalagi suhu udara kelewat panas karena sempat menembus 40 derajat Celsius. Kondisi yang jauh berbeda dengan di Kota Malang. ‘’Panas banget,’’ ucap Renoza.

Jadi anak baru di MTB, bukan berarti Renoza tanpa pengalaman. Beragam juara pernah diraih anggota United Bike Kencana Team itu. Salah satunya, juara dua nasional di Lubuk Linggau beberapa waktu lalu. ‘’Kalau BMX banyak, seperti PON Jawa Barat 2016 yang dapat perunggu,’’ ungkap mahasiswa semester VII Universitas Wisnuwardhana Malang tersebut.

Renoza tidak menyesal pindah MTB. Rasa penasaran yang membuatnya melakukan itu. ‘’Target saya masuk tim nasional MTB dalam waktu dekat,’’ ungkapnya. ***(cor/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close