Menuju Magetan yang Bersih, Nyaman, dan Sehat

613
CEK LAPANGAN: Tim verifikasi Program Kabupaten Sehat tingkat nasional meninjau secara langsung ke lokasi yang lolos verifikasi administrasi.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Peluang Magetan meraih penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Sabha Wistara terbuka lebar. Kamis (5/9), Nugroho, tim verifikator dari direktorat Kemenkes, dan Hening Woro, direktorat pembangunan daerah Kemendagri, mulai melakukan verifikasi lapangan.

Nugroho mengatakan bahwa kedatangannya untuk mencocokkan antara kondisi di lapangan dengan apa yang dilaporkan oleh forum Kabupaten Sehat. Penilaian dilakukan bagi daerah yang sebelumnya telah lolos verifikasi administrasi. ‘’Dalam verifikasi ini kami pasti akan memberikan penilaian sesuai fakta yang ada di lapangan.’’ katanya.

Ada sejumlah hal yang menjadi sasaran tim verifikasi. Salah satunya tatanan tertib lalu lintas dan pelayanan transformasi. Seperti kondisi lalu lintas teratur dan tertib. Serta kendaraan yang beroperasi laik jalan. Sehingga, pengemudi dan penumpang aman. ‘’Dengan demikian, orang yang tinggal di sana terjamin kesehatannya,’’ ujar Nugroho.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Magetan Hananta Prakosa mengatakan, total ada tujuh tatanan yang diverifikasi oleh tim verifikator Kabupaten Sehat tingkat nasional. Meliputi tatanan sehat mandiri, tertib lalu lintas dan pelayanan transformasi, permukiman sarana dan prasarana sehat, sosial sehat, pariwisata sehat, industri dan perkantoran sehat, serta ketahanan pangan dan gizi.

Lokasi penilaiannya ada di Desa Genilangit, dinas perhubungan (dishub), Terminal Goranggareng, Desa Balerejo, Desa Pojok, Pabrik Bintang Inti Karya, Banjarejo, dan Desa Porwodadi. ‘’Tim menilai satu per satu lokasi tersebut,’’ ujar Hananta.

Dengan adanya verifikasi ini, dia berharap Magetan bisa menjadi kabupaten yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk ditinggali warga masyarakat. ‘’Tapi, terpenting bukan penghargaannya, tapi menjadikan ini sebagai motivasi untuk lebih baik dan sehat,’’ ucapnya. (ebo/bel/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here