Ponorogo

Menjamur Pasca Lebaran, Pedagang Musiman Ditertibkan

PONOROGO – Pedagang musiman kembali menjamur di sepanjang Soekarno Hatta, khususnya di seputaran eks pasar legi dan eks stasiun. Sepekan terakhir pasca lebaran, satpol PP merazia tak kurang dari 30 pedagang yang nekat berjualan di trotoar hingga bahu jalan. ‘’Bahkan ada yang masuk ke bahu jalan sampai dua meter,’’ sebut Kasatpol PP Supriyadi, Kamis (13/6).

Dari tahun ke tahunnya, sebut Supriyadi, pedagang musiman banyak menjamur pascalebaran. Tak terkecuali di tahun ini. Sekalipun pasar legi sudah rata tanah. Begitu pula dengan eks stasiun dan eks pengadilan, yang sudah ditertibkan dan dipindahkan ke pasar relokasi. Senyatanya, perniagaan tetap berdenyut. Hal itu justru mengundang pedagang-pedagang baru. ‘’Di sepanjang Jenderal Sudirman, banyak pedagang yang berjualan. Ada yang sampai tidak membersihkan lapak-lapaknya,’’ kata dia.

Sepekan terakhir, korps penegak perda lantas mencoba menertibkan. Penertiban diawali sosialisasi. Bahwa pedagang dilarang berjualan di trotoar maupun bahu jalan sepanjang Soekarno Hatta. Tak digubris, penindakan pun dilakukan. Sejak Senin lalu (10/6), satpol PP terus melakukan penertiban setiap pagi. 30 lapak pedagang pun diamankan, termasuk kemarin pagi. ‘’Bahkan sempat hampir penuh, dari selatan ke utara Soekarno Hatta. Banyak yang menggelar dagangan di trotoar dan bahu jalan, termasuk yang pakai tenda,’’ sebut Supriyadi.

Penertiban, kata Supriyadi, akan terus dilakukan sampai pedagang benar-benar bersih dari trotoar dan bahu jalan Soekarno Hatta. Sementara, 30 lapak dan dagangan yang ditertibkan saat ini diamankan di kantor satpol PP. Pedagangnya berhak mengambil barang mereka. ‘’Dengan catatan, menyerahkan surat pernyataan, dan berjanji tidak akan berjualan kembali di trotoar dan bahu jalan Soekarno Hatta. Sebagian besar memang pedagang lama dan kambuhan, berjualan disitu,’’ pungkasnya. (naz/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close