Madiun

Mengenal Tiga Pramugari Madiun Bus on Tour

Butuh Waktu Adaptasi, Belajar Intonasi Berbicara

Tiga dara cantik ini akan menemani perjalanan wisatawan berkeliling Kota Madiun dengan Madiun Bus on Tour. Menjamin keamanan dan mengenalkan landmark.

ASEP SYAEFUL BACHRI, Jawa Pos Radar Madiun

BEGITU mengetahui sopir Madiun Bus on Tour (Mabour) adalah Wali Kota Madiun Maidi, Claudia Rizky Indra Putri seketika gugup. Perempuan 28 tahun itu menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkan perlahan. Upaya menenangkan diri sekaligus memotivasi untuk memberikan yang terbaik. ‘’Saya nervous meski masih uji coba,’’ kata Claudia.

Claudia adalah satu dari tiga pramugari Mabour. Sempat menjadi pramugari salah satu maspakai penerbangan selama tiga tahun. Pengalaman tersebut nyatanya tidak mudah diterapkan di Mabour. ‘’Butuh waktu untuk adaptasi,’’ ujarnya.

Melayani penumpang pesawat dengan bus tentu beda. Risikonya lebih tinggi dibandingkan di darat. Namun, dalam hal pelayanan, urusannya adalah kepuasan. Bahkan, sejatinya tugas sebagai pramugari Mabour lebih banyak. ‘’Jika di dalam pesawat, tugas pramugari hanya memastikan penumpang selamat. Kalau di Mabour, harus menjelaskan landmark wisata Kota Madiun,’’ terangnya.

Setelah lulus SMA, Claudia memilih kursus pramugari. Kemampuan yang mumpuni, ditunjang paras dan postur tubuh bagus, membuat salah satu maskapai mengontraknya sebelum lulus kursus. ‘’Pengalaman di dalam pesawat menjadi modal saya,’’ ujarnya.

Alvidya Putri Astyar, pramugari lainnya, juga mengeluarkan keringat dingin saat uji coba Mabour. Dia mengaku tidak pernah benar-benar berhadapan dengan orang banyak. Pekerjaannya sebelumnya di balik layar. Perempuan 24 tahun itu kini belajar intonasi dan nada bicara supaya bisa enak didengar. ‘’Saya rekam sendiri lalu mendengar ulang apakah sudah pas atau belum,’’ terangnya.

Sementara, ilmu kuliah manajemen pariwisata dijadikan bekal Wanda Hanani Putri menjadi pramugari Mabour. ‘’Pengalaman berkeliling kota yang disopiri wali kota Madiun adalah pengalaman tak terlupakan,’’ ucapnya. ***(cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close