Mengenal Songsong Motif Batik Khas Desa Sewulan, Dagangan

26

MADIUN – Kabupaten Madiun punya banyak batik bermotif ikonik. Salah satunya batik songsong di Desa Sewulan, Dagangan. Bahkan dipakai sebagai salah satu seragam dinasnya perangkat desa seluruh Dagangan.

Dua perempuan parobaya sibuk di depan sebuah kain katun putih yang penuh motif batik. Seorang di antaranya menebalkan setiap lekukan garis hingga terlihat desain utuhnya dengan malam. Bagian ujung kain itu berupa lukisan tiga buah payung yang bertingkat dengan ukuran mengecil di bagian atas. ‘’Ini namanya motif batik songsong yang dikolaborasikan motif parang kusumo,’’ kata Iswatul Andalina, salah seorang pengusaha batik Desa Sewulan, Dagangan.

Motif payung songsong yang pada bagian bawah tudungnya terdapat hiasan menjadi ciri khas batik Desa Sewulan, Dagangan. Guratan tersebut wajib ada sebagai kombinasi atas batik yang ingin dibuat warga setempat. Konon, payung yang menjadi simbol itu adalah payung di samping makam Kiai Basyariah, tokoh desa setempat. Selain mempertahankan unsur budaya, penggunaannya sebagai langkah mengenalkan Sewulan. ‘’Motif ini diperkenalkan sekitar 2 tahun,’’ ujarnya.

Ukuran songsong pada batik tidak ada patokan. Besar-kecilnya bergantung kombinasi yang ingin dibuat. Desain batik bisa dipadukan dengan gambar–gambar hasil alam yang menjadi ikon Dagangan. Seperti durian, manggis, dan daun jati. ‘’Ada desainer yang biasa menggambar kombinasi motif sesuai pesanan dari dusun sebelah,’’ ucapnya sembari menyebut pakaian dengan batik songsong menjadi salah satu seragam dinas seluruh perangkat desa di Dagangan.

Nah, detail-tidaknya desain batik payung songsong memengaruhi harga jual. Bila hanya sekadar menonjolkan payung dengan minim motif pada kain, harganya Rp 185 ribu. Sebab, lebih mudah dan cepat dalam pengerjaan. Beda bila desainnya rumit, banderol yang diberikan mencapai Rp 500 ribu. ‘’Karena perlu kecermatan dan ketelatenan agar hasilnya bagus,’’ ujarnya. ***(cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here