Mengaku Pemulung, Pemuda ini Embat Kotak Amal

90

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Aksi panjang tangan Wahyu Ardiansyah, 21, warga Desa Guyangan, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, berujung mengenaskan. Pemuda pengangguran itu babak belur dihajar massa. Setelah ketahuan mencuri kotak amal di warung bakso Klenger, Desa Nglandung, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, sekitar pukul 04.30 Jumat (9/8). ‘’Pelaku mengaku pemulung. Karena curiga, pemilik warung menggeledahnya,’’ kata Kapolsek Geger AKP Sugeng.

Menurut Sugeng, pelaku  diduga sudah berniat mencuri uang di dalam kotak amal salah satu masjid setempat yang dititipkan di warung bakso itu. Berpura-pura jadi pemulung, memanfaatkan kelengahan pemilik warung. Pelaku diduga juga spesialis pencuri kotak amal di beberapa tempat. ‘’Kami juga mendapat laporan kehilangan kotak amal di beberapa masjid,’’ ujarnya.

Dari hasil penyidikan sementara, pelaku diduga mabuk. Ada bau minuman keras dari mulutnya. Sehingga, pihaknya sempat kesulitan menginterogasi. Pelaku bukan warga asli Madiun. ‘’Dari tangan pelaku kami amankan barang bukti uang Rp 300 ribu, satu unit sepeda motor, serta sebuah kotak amal yang sudah dirusak,’’ ungkapnya sembari mengimbau masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati menyimpan barang berharga.

Pelaku mengaku sebelum beraksi sudah menyurvei lokasi. Warung itu berada di tepi jalan. Serta tidak berpenghuni. Sehingga, dia nekat maling. Dia juga mengaku aksinya ini baru pertama kali dilakukan. ‘’Memang sering ke bakso Klenger sebelumnya. Awalnya ingin mencari barang rongsokan, tapi saat khilaf berubah sasaran,’’ akunya. (mgc/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here