Menatap Baitullah, Seorang Marbot Berlinang Air Mata

52

TIDAK ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT untuk mendatangkan hambaNya jadi tamuNya di Tanah Suci. Cukup kun fayakun.  Maka datanglah mereka menunaikan ibadah haji atau umrah. Berikut catatan perjalanan umrah menjelang Ramadan 1440 H yang ditulis Pimpinan Ladima Tour & Travel H SOENARWOTO.

‘’ALHAMDULILLAH, saya benar-benar sudah datang ke Tanah Suci. Sudah melaksanakan ibadah umrah. Sekarang saya sudah menyelesaikan tawaf. Tujuh kali mengitari Baitullah. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah atas semua karunia-Mu ini,’’ ucap Suyanto Sahid, jamaah asal Ponorogo, penuh syukur.

Tatkala menatap Baitullah dia pun menangis. Tersedu-sedu. Tapi, air mata yang membasahi rautnya segera diusap. Kemudian melaksanakan Salat Sunah Tawaf. Pak Man, panggilan Suyanto Sahid, menengadahkan tangan dan berdoa penuh kesungguhan setelah salat. Kemudian bersujud di depan Baitullah. Air matanya kembali tak terbendung. Dia menangis lagi.
‘’Sungguh hati saya sangat senang, bahagia dan sangat terharu. Rasanya tenang, tenteram, dan damai sekali hati ini. Pikiran jadi plong. Enteng sekali rasanya. Seperti hilang beban hidup ini. Hati terasa sangat dekat dengan Allah. Dekat sekali,’’ kata Pak Man, marbot Masjid Al-Djadjuli di Jalan DI Panjaitan Ponorogo ini.

Keseharian Pak Man bertugas membersihkan dan menjaga masjid. Juga mempersiapkan segala kegiatannya. Termasuk ketika ada manasik. Masjid Al-Djadjuli memang sering untuk manasik umrah dan haji. ‘’Saat Bu Ela (Hj Ela Djadjuli) memberi manasik, saya yang membantu menyiapkan tempatnya dan suguhan untuk para jamaah peserta manasik,’’ tuturnya.

Pak Man juga suka mengikuti atau mendengarkan penjelasan manasik layaknya jamaah yang hendak pergi umrah atau haji. Saat mengikuti manasik, dia pun merasakan seolah-olah hendak pergi umrah. Begitu pikirannya terbangun. Setiap mengikuti manasik, dia berkeyakinan pada suatu saat nanti benar-benar bisa pergi ke Tanah Suci. Entah dari mana uang untuk ongkosnya umrah.

‘’Sebagai muslim saya yakin itu. Bagi Allah tidak ada yang tidak mungkin. Cukup kun fayakun. Apa yang dikehendaki pun terjadi. Termasuk mendatangkan saya ke Tanah Suci. Untuk itu, meski saya ini hanya seorang marbot tetap yakin bisa datang ke Tanah Suci,’’ yakinnya.
Keyakinan tersebut pun terwujud. Pada 27 April 2019 atau menjelang Ramadan 1440 H ini, dia benar-benar pergi ke Tanah Suci. Melaksanakan ibadah umrah. ‘’Alhamdulillah, umrah saya menjelang Ramadan. Semoga ini menambah keberkahan umrah saya dan keberkahan umrah semua jamaah Ladima,’’ ucap Pak Man.

Sehari-hari Pak Man juga sebagai petugas sampah di lingkungannya Desa Purbosuman, Ponorogo. Pekerjaan ini membantu istrinya yang menjadi petugas kebersihan di lingkungan setempat. ‘’Meski jadi marbot dan pemungut sampah, Alhamdulillah kami bisa membesarkan dua anak. Semua kalau disyukuri terasa nikmat. Alhamdulillah, sekarang malah bisa pergi umrah,’’ ujarnya dengan tersenyum.

Dia pergi umrah dengan gratis berkat Hj Ela Djadjuli dan Ladima Tour & Travel. Untuk itu, selama di Tanah Suci dia selalu berdoa untuk mereka. ‘’Semoga ke depan Ladima tambah maju, banyak jamaahnya, serta semoga tambah berkah. Pemiliknya diberi panjang umur, sehat, kuat. Bisa terus mendampingi jamaahnya ke Tanah Suci,’’ doanya.

Meski gratis, dia ditempatkan di hotel dekat Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Di Makkah di Hotel Pullman ZamZam. Di Madinah di di Hotel Arac Taiba Suite. Diberangkatkan gratis sudah sangat berterima kasih kepada Ladima. Eh, ini malah di Makkah diinapkan di Hotel Pullman Zamzam. Subhanallah.

Selain dia, Ladima juga memberangkatkan umrah gratis Mbah Imam Supangat Saikin, tukang becak dari Madigondo, Magetan. ‘’Saya yang hanya marbot dan Mbah Imam yang tukang becak, semua diinapkan di hotel bintang lima. Ini sebuah penghormatan luar biasa bagi kami berdua. Terima kasih kami sungguh tak terhingga kepada Ladima. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan menjaga pemilik Ladima. Juga, Ladima tambah maju dan berkah,’’ doa Pak Man. Aamiin.*** (sat/bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here