CPNSPonorogo

Membeludak, Pemohon SKCK untuk Daftar CPNS

PONOROGO – Pemohon surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Polres Ponorogo membeludak. Itu setelah ada pengumuman seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Diperkirakan lonjakan pemohon mencapai lima kali lipat dari hari biasanya.

Itu mulai terjadi sejak lima hari lalu. Biasanya sekitar 30—40 pemohon per hari. Beberapa hari terakhir tembus 150-an pemohon per hari. ‘’Mayoritas memang untuk keperluan persyaratan pendaftaran CPNS,’’ kata Bripka Agung Wibowo, salah seorang petugas pelayanan SKCK polres setempat.

Dia memperkirakan dalam beberapa ke depan bakal semakin meningkat. Apalagi, mendekati pendaftaran resmi dibuka nanti. Diperkirakan akan kembali normal setelah pendaftaran CPNS resmi ditutup. ‘’Tetap kami antisipasi agar antrean tidak menumpuk dan tidak sampai seharian,’’ lanjutnya.

Karena itu, pihaknya sengaja menambah jam layanan. Semula hanya sampai pukul 14.30. Saat ini ditambah hingga pukul 16.00. Itu agar semua pemohon yang datang hari itu dapat terlayani. ‘’Sudah antre, jadi harus tetap dilayani,’’ ungkapnya.

Pihaknya juga menambah perangkat komputer. Sebelumnya hanya satu unit, kini jadi tiga unit untuk mempercepat penerbitan SKCK. ‘’Ini semua sebagai bentuk antisipasi antrean panjang dan mewujudkan pelayanan yang baik, nyaman, dan  efektif,’’ sambungnya.

Dia menjelaskan SKCK berlaku selama enam bulan. Jika kedaluwarsa dapat diperpanjang lagi. Caranya, menyetor SKCK dan beberapa berkas persyaratan. ‘’Dulu kalau sudah habis harus mengulang dari awal. Sekarang tidak, dapat langsung diperpanjang,’’ jelasnya.

Penerbitan SKCK tidak ribet. Dulu, pemohon harus menyertakan surat keterangan dari kelurahan, kecamatan, dan polsek. Saat ini cukup datang ke mapolres dengan membawa KTP, KK, dan pasfoto. ‘’Setelah itu dilakukan perekaman sidik jari untuk mendeteksi catatan kriminal pemohon,’’ imbuhnya.

Meski demikian, masih ada warga yang belum mengetahui prosedur pembuatan SKCK. Amin Abdul Rois, warga Desa Ngrukem, Mlarak, Ponorogo, misalnya. Dia harus balik kucing lantaran tidak membawa persyaratan yang dibutuhkan. ‘’Ada berkas yang kurang,’’ kata Rois sembari menyebut memohon penerbitan SKCK untuk syarat mendaftar seleksi CPNS. (mg7/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close