Ngawi

Memakan Trotoar, Bakal Kena Kepras

Sejumlah Bangunan ’’Penghambat’’ Proyek Sentra PKL Yos Sudarso

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemkab harus menertibkan sejumlah bangunan milik warga di Jalan Yos Sudarso. Langkah itu dilakukan seiring dengan rencana pembangunan sentra pedagang kaki lima (PKL) di ruas jalan tersebut.

Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono kemarin sengaja meninjau langsung kondisi di lapangan. Hasilnya, dia mendapati beberapa bangunan yang terlalu menjorok ke trotoar. ‘’Bisa mengurangi estetika. Mau tidak mau harus ditertibkan (dikepras, Red). Nanti kami beri surat teguran kepada para pemiliknya,’’ ujar Kanang.

Meski begitu, Kanang memastikan para pemilik bangunan yang bakal ditertibkan itu tidak akan mendapat ganti rugi. Sebab, memakan sebagian lahan milik daerah. ‘’Karena lahan itu masih jadi kewenangan pemerintah daerah, kecuali kami mengambil milik mereka,’’ paparnya.

Kanang belum memastikan berapa jumlah bangunan yang akan ditertibkan terkait rencana pembangunan sentra PKL tersebut. Namun, dari pantauan di lapangan kemarin, lebih dari lima. Bagian yang memakan sebagian bahu trotoar kebanyakan teras. ‘’Kalau yang semipermanen mudah saja (ditertibkan), tapi yang permanen agak susah,’’ terangnya.

Dia menambahkan, pengerjaan proyek sentra PKL Yos Sudarso yang menelan anggaran Rp 9,1 miliar itu ditargetkan dimulai September mendatang. Bahkan, jika memungkinkan akhir bulan ini. ‘’Kalau bisa lebih cepat lebih baik,’’ ucapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close