Melani, 15 Tahun Setia Berlangganan Jawa Pos

41

MADIUN – Dari ribuan pelanggan Jawa Pos di Kota Madiun, nama Melani pantas dikedepankan. Setidaknya, warga Jalan Nori itu sudah belasan tahun berlangganan. Pun, membaca koran baginya sudah menjadi kebutuhan.

Beberapa orang sedang duduk santai di teras toko pracangan milik Melani di Jalan Nori. Sebagian tampak asyik membaca lembaran koran Jawa Pos. Tidak lama berselang, si empunya toko ikut nimbrung. Sesekali dia masuk toko ketika ada pembeli yang datang.

Memasuki dalam rumah terlihat tumpukan koran yang tertata rapi. Beberapa lembaran koran warnanya sudah agak kusam, terbitan beberapa bulan silam. ‘’Sudah langganan sekitar 15 tahunan,’’ kata Melani.

Perempuan 60 tahun itu tidak tahu waktu persis kapan mulai akrab dengan Jawa Pos. Seingat dia, sedari anak-anaknya masih bersekolah di SD dasar sudah berlangganan koran nasional itu. ‘’Yang nyuruh langganan suami saya (Citro Rahardjo, Red),’’ ungkapnya.

Citro rutin membaca koran pada pagi hari sekitar pukul 08.00 usai sarapan. Setelah sang suami selesai melahap lembar demi lembar koran Jawa Pos, giliran Melani yang membaca. ‘’Kalau agak siang biasanya tetangga ke sini numpang baca,’’ tuturnya.

Bagi Melani, terasa ada yang kurang jika sehari tidak menyentuh koran. Meski ada televisi dan media online, dia tetap tidak bisa berpaling dari koran. Apalagi, perempuan itu tak begitu mahir mengoperasikan smartphone. ‘’Sebenarnya ada koran lain yang harganya lebih murah, tapi beritanya sedikit dan pendek-pendek,’’ bebernya.

Wantoro, seorang tetangga, sudah tidak terhitung singgah ke toko Melani hanya untuk memenuhi hasratnya mencari informasi terkini seputar sepak bola. ‘’Yang saya baca pertama pasti berita bola dari luar,’’ sebutnya.

Dia menyimpan harapan koran tidak hilang ditelan zaman. Sekaligus bisa beradaptasi dengan dinamika kebutuhan pembaca. ‘’Koran itu punya kelebihan yang tidak dimiliki media lain. Lebih leluasa bacanya,’’ kata pria 60 tahun itu. ***(isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here