Media Diharap Bisa Bantu Pengawasan Pemilu

76
FOTO: JOHN/RADAR MADIUN

MADIUN – Peran media dalam pengawasan pemilu 2019 di Kota Madiun dianggap sentral. Hal itu sekaligus membantu tugas Bawaslu dalam memantau jalannya pesta demokrasi. Apalagi, mulai besok (24/3) para peserta pemilu diperkenankan berkampanye di media massa dan menyelenggarakan kampanye terbuka. “Media berfungsi sebagai kontrol masyarakat. Dan, diharapkan bisa ikut membantu dalam hal pengawasan pemilu,” kata Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko, Sabtu (23/3).

Dalam kesempatan tersebut, Kokok juga mengingatkan peran media dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan pemilu. Termasuk membantu menyosialisasikan pemilu. “Kami harap media bisa berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu,” ujarnya.

Mantan komisioner KPU Kota Madiun itu menambahkan, peserta pemilu dipersilahkan untuk bersosialisasi mengenalkan diri ke masyarakat melalui media massa. Mengingat masih banyak warga yang belum mengetahui sepak terjang para calon legislatif (caleg) yang macung. Terlebih pada lembaran surat suara nanti tidak disertai gambar caleg. “Dengan berkampanye di media peserta pemilu bisa mendekatkan diri ke masyarakat. Tentunya dengan memaparkan sejumlah program yang diusung,” terang Kokok. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here