AdvertorialMadiun

Mbah Tarom Realisasikan Aspirasi Petani

Salurkan Alsintan, Wujudkan Pertanian Modern

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Suara masyarakat Kabupaten Madiun yang diusung perwakilan DPR RI Dapil VIII Jatim Muhtarom membuahkan hasil. Ratusan alat mesin pertanian (alsintan) diterima sejumlah gabungan kelompok tani (gapoktan) beberapa desa di 15 Kecamatan di Kabupaten Madiun Rabu (14/8). Diwakili warga gapoktan Desa Krandegan, Dolopo, dan Jatisari, Geger.

Bantuan terdiri delapan traktor roda empat, 54 traktor roda dua, 60 pompa air, dan beberapa alsintan lainnya. Itu setelah proposal bantuan jalur aspirasi dewan mendapatkan restu dari Kementerian Pertanian dan Peternakan (Kementan) RI. ‘’Semua ini bentuk komitmen pengabdian saya yang dipercaya di DPR RI,’’ ungkap Mbah Tarom, sapaan Muhtarom.

Diakuinya bahwa bantuan tersebut belum diterima secara merata. Upaya pemerataan semaksimal mungkin akan dilakukan pada tahun-tahun berikutnya. Dengan adanya bantuan alsintan tersebut, Mbah Tarom berharap sektor pertanian di Kabupaten Madiun semakin baik. Mengingat sudah waktunya petani memahami pertanian berbasis teknologi modern. Pun kemajuan pola pikir dan manajemen pertanian agar produksi meningkat. ”Untuk itu, kami dorong pengolahan lahan dengan teknologi modern,” tegas mantan bupati Madiun itu.

Mbah Tarom mengakui dampak pandemi Covid-19 menyasar berbagai sektor kehidupan. Mulai sosial hingga ekonomi. Untuk mengatasinya, termasuk di bidang pertanian, perlu dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya mengajak semua orang, khususnya generasi muda, peduli terhadap pertanian dan penerapan teknologi modern yang ikut diupayakannya itu. ”Maka dari itu, alsintan ini saya harap betul-betul di-manage dengan bagus,” tuturnya.

Ketua Gapoktan Desa Kebonagung, Mejayan, Sadiman senang dengan adanya bantuan alsintan tersebut. Dengan adanya alat-alat pertanian modern itu, petani sangat terbantu. Baik dari sisi tenaga maupun biaya pertanian. ‘’Keluh kesah petani di Kabupaten Madiun akhirnya tersampaikan,’’ ujarnya. (den/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close