Masuk Kota Karismatik Sudah Bersih dari Sampah

22

MADIUN – Respons cepat ditunjukkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Madiun menanggapi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah liar di dekat jembatan Kali Catur. Dinas yang dinakhodai Suwarno itu langsung menerjunkan petugas untuk melakukan pembersihan sampah secara bergantian. Meski begitu, DLH berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah di pinggir jalan.

Kepala DLH Kota Madiun Suwarno mengatakan pihaknya membentuk tim untuk melakukan pembersihan sampah di lokasi tersebut pada Sabtu (6/4) lalu. ’’Masalah sampah sudah langsung ditangani,’’ ujarnya.

Beberapa titik yang menjadi lokasi pembuangan sampah di pinggir jalan sudah dibersihkan. Antara lain, di jembatan Kali Catur serta di sepanjang Jalan Raya Madiun-Ponorogo sampai dengan perempatan Tean. ’’Dari pembersihan itu total dua truk sampah dikerahkan,’’ kata Suwarno.

Menurut dia, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan masih kurang. Sebenarnya DLH sudah menyediakan sejumlah tempat pembuangan sampah sementara di beberapa titik. Namun, masyarakat masih membuang di berbagai tempat. Salah satunya di jembatan Kali Catur. Akibatnya, sampah berserakan dan memunculkan bau menyengat.

Rencananya,  pembersihan sampah tepi jalan dilakukan secara bergantian. Hal itu disesuaikan  jumlah petugas kebersihan DLH. Sumber Daya Manusia (SDM) masih terbatas. ’’Kami terus menghimbau warga untuk tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut,’’ imbuh Suwarno. (her/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here