AdvertorialMadiun

Masterplan Smart City Pemkot Madiun Dipuji Menkominfo

Maidi: Pelaksanaan Program Butuh Dukungan Semua Pihak

JAKARTA, Jawa Pos Radar Madiun – Masterplan smart city yang disusun oleh Pemkot Madiun diapresiasi sejumlah pihak. Tanpa kecuali dari para penguji, sekaligus mendapat penghargaan dari Menkominfo Jonny G Plate saat acara presidential lecture di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (6/11).

Wali Kota Madiun Maidi berharap penghargaan tersebut menjadi penyemangat pemkot untuk mengimplementasikan konsep smart city demi mewujudkan tata kelola kota yang baik. Seperti penerapan perekaman pajak bagi wajib pajak, elektronik parkir, hingga PeceLand.

Untuk mewujudkannya, dia butuh peran serta semua pihak. ‘’Semua perencanaan smart city yang telah kita lakukan sudah dievaluasi oleh pemerintah pusat dan tinggal pelaksanaan program,’’ katanya.

Diakuinya, masterplan smart city yang telah disusun oleh pemkot dalam waktu sekitar empat bulan terakhir sudah sesuai dengan keinginan masyarakat. Dengan demikian, tinggal koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) dalam menjalankan program kota cerdas yang telah direncanakan. ‘’Masterplan kita sudah bagus,’’ ujar Maidi.

Sementara itu, Menkominfo Jonny G Plate mengatakan evaluasi dari penguji diharapkan bisa memberi manfaat bagi 100 kota dan kabupaten dalam menerapkan konsep smart city. ‘’Ini merupakan wujud upaya pemerintah untuk mendorong pemerintah di daerah dalam menerapkan smart city yang berujung pada peningkatkan pelayanan kepada masyarakat,’’ katanya.

Untuk mendukung program kota cerdas tersebut, menurutnya, pemerintah pusat sudah menyiapkan infrastrukturnya. Seperti membangun tol langit Palapa Ring sejauh 12 kilometer. Sehingga, bisa mempercepat jaringan internet di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T). ‘’Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa besar. Ini harus dikelola dengan baik,’’ ungkapnya. (diskominfo/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close