Masih Tunggu Regulasi, Bangunan Kios di Telaga Wahyu Belum Difungsikan

27
KOSONG: Deretan kios di Telaga Wahyu yang dibangun tahun lalu hingga kini belum difungsikan.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Keberadaan sejumlah kios di pinggir jalan Telaga Wahyu seakan muspro. Deretan kios yang pembangunannya menelan anggaran Rp 1,1 miliar itu sekitar setahun terakhir mangkrak. ‘’Masih ada kendala, jadi belum bisa digunakan,’’ kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Venly Tomi Nicholas Minggu (15/9).

Dia menuturkan, kios-kios yang sedianya ditempati penjual makanan itu belum bisa difungsikan lantaran terkendala regulasi. Pihaknya masih melakukan pembahasan dengan badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD) serta bidang hukum.

Itu dilakukan untuk mengatur seputar retribusi dan aturan lain. ‘’Kalau belum ada regulasinya kami belum berani menawari mereka (pemilik warung di tepi telaga, Red) untuk pindah,’’ ujarnya sembari menyebut relokasi warung diyakini mampu menekan problem sampah di sekitar Telaga Wahyu.

Sekadar diketahui, pembangunan kios itu dikerjakan tahun lalu berbarengan dengan proyek jalan untuk pejalan kaki dan difabel, penambahan pergola, dan fasilitas toilet. Anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK).

Namun, hingga kini kios belum bisa ditempati. ‘’Sampai saat ini kami belum pernah diajak koordinasi,’’ ungkap Nur Arifah, salah seorang pedagang. ‘’Harapannya segera dapat difungsikan sehingga kami bisa jualan dengan nyaman,’’ imbuhnya. (fat/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here