Masih Banyak Jembatan Tua di Pacitan

78

PACITAN – DPRD Pacitan prihatin dengan insiden putusnya sejumlah jembatan di Kota 1001 Gua. Terkini, jembatan Degel, di Dusun Gamping, Ngreco, Tegalombo, Kamis (16/5). Kejadian tersebut jadi peringatan bagi masyarakat dan Pemkab Pacitan. ‘’Bahwa masih ada jembatan yang perlu perbaikan atau penguatan,’’ kata Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono.

Apalagi, ambrolnya jembatan bukan akibat bencana alam langsung. Melainkan gerusan aliran Sungai Grindulu yang berlangsung selama bertahun-tahun. Beruntung tidak mengakibatkan korban jiwa. Sebab, tidak ada warga yang melintas saat jembatan ambrol. ‘’Ini bukan kali pertama terjadi,’’ imbuhnya.

Sebelumnya jembatan gantung Banjarsari 2 yang melintir hingga mengakibatkan dua korban luka. Sedangkan belum lama ini jembatan Borang dan Tosari juga ambrol akibat diterjang aliran Sungai Grindulu secara bersamaan. ‘’Kemungkinan masih akan ada lagi jika tidak dilakukan antisipasi dini,’’ tegasnya.

Untuk itu, dia mendesak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pacitan segera melakukan inventarisasi. Khususnya, jembatan tua. Termasuk mendata kondisi masing-masing. Jembatan yang perlu perbaikan bisa diprioritaskan untuk mendapat anggaran. Baik pada perubahan APBD tahun ini atau APBD tahun depan. ‘’Harus ada inventarisasi dan mitigasi untuk program perbaikan atau pembangunan ulang,’’ pintanya.

Menurut dia, Pacitan memiliki banyak jembatan yang berusia belasan hingga puluhan tahun. Sebagian di antaranya melintang dia tas Sungai Grindulu yang memiliki karakteristik arus deras dengan bentangan panjang. Jembatan menjadi akses utama warga. Bahkan putusnya jembatan membuat warga terisolasi. ‘’Kami harap kondisi tersebut tidak terjadi lagi,’’ tuturnya.

Ronny meminta DPUPR segera menggeber sejumlah pembangunan jembatan yang sudah direncanakan sebelumnya untuk membuka isolasi warga. Pasalnya jembatan baru diperkirakan memiliki kualitas lebih bagus dibanding jembatan sebelumnya. ‘’Kami minta segera direalisasikan untuk menggantikan jembatan lawas yang jadi akses utama warga,’’ desaknya.

Sementara itu hingga berita ini ditulis tadi malam, Kepala DPUPR Pacitan Budiyanto belum bisa dikonfirmasi terkait ambrolnya jembatan Degel. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here