Masih Ada Areal Relokasi Eks Stasiun Belum Diplester Semen

65

PONOROGO – Pedagang Pasar Eks Stasiun bakal direlokasi total Kamis (7/2) besok. Namun, areal urukan tanah di selatan los 4 untuk mereka tidak seluruhnya diplester semen. Meski begitu, mereka tetap bersiap. Rencananya, pembagian dan penomoran bedak akan dilakukan hari ini. ‘’Tidak semua pedagang tertampung di areal yang sudah diplester semen. Sebagian kemungkinan harus berjualan di atas tanah,’’ kata Korlap Paguyuban Pedagang Pasar Eks Stasiun Suwardi kemarin (5/2).

Total yang sudah terdata mencapai 681 pedagang. Sebanyak 260 di antaranya sudah tertampung di los 4. Sisanya di sebelah selatan los yang diuruk tanah itu. Beberapa hari terakhir, areal tersebut diplester semen sesuai permintaan para pedagang. ‘’Yang diplester semen baru sebagian, tapi pedagang sudah disuruh pindah,’’ ujarnya.

Menurut Suwardi, masih ada areal seluas sekitar 20 meter persegi yang belum diplester semen. Dia khawatir, ada pedagang yang harus berjualan di atas tanah. Mengingat, jumlah pedagang lumayan banyak. Para pedagang, lanjut dia, telah meminta pemkab untuk memplester semen secara total. Sampai ujung pagar, dari barat hingga timur. ‘’Kami sudah minta, tapi jawabannya tidak jelas,’’ sesalnya.

Para pedagang menyayangkan hal tersebut. Mereka berharap difasilitasi alas untuk berjualan yang lebih laik. Nyatanya, tidak maksimal. ‘’Kalau peneduh tidak apa-apa, kami bisa usaha sendiri. Tapi untuk alas, masa pedagang harus berjualan di tanah. Sudah sempit, becek kalau hujan,’’ keluhnya.

Hari ini para pedagang berencana akan mulai membagi dan menomori bedak di areal yang sudah diplester semen. Suwardi sadar jika tempat berniaga itu cukup sempit. Namun, para pedagang telah menyatakan sanggup direlokasi.

Jika masih ada pedagang yang buka lapak di eks stasiun, akan mempengaruhi pendapatan para pedagang lain yang sudah boyongan di pasar sementara. ‘’Sementara penjualan belum maksimal selama eks stasiun masih buka. Kalau sudah kumpul semua, baru bisa maksimal. Sementara ini bisa dikatakan morat-marit (pendapatan pedagang),’’ tuturnya.

Kasatpol PP Supriyadi menyebut relokasi total pedagang Pasar Eks Stasiun tetap on the track. Deadline boyongan tetap Kamis (besok), sesuai rencana setelah mempertimbangkan kesiapan areal relokasi di selatan los 4. Di lain sisi, kata Supriyadi, disperdakum juga berupaya mendata jumlah riil pedagang Pasar Eks Stasiun agar lebih akurat. ‘’7 Februari batas akhir relokasi pedagang Pasar Eks Stasiun. Kami siap membantu jika pedagang memerlukan,’’ janjinya. (naz/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here