Pacitan

Masalah Sosial Mendominasi Laporan Kewaspadaan di Bakesbangpol

PACITAN – Masalah sosial mendominasi laporan kewaspadaan di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pacitan. Dari 609 laporan sepanjang 2018, 333 di antaranya masalah sosial. Tertinggi Februari dan November. ‘’Februari 63 laporan, sedangkan November 65 laporan,’’ kata Kabid Kewaspadaan Bakesbangpol Pacitan Juri kemarin ( 14/4).

Laporan masalah sosial tersebut terutama ancaman dan kejadian bencana alam. Pasalnya,  dampak bencana membuat aktivitas sehari-hari warga terganggu. Terjadi gejolak akibat akses lalu lintas putus dan lainnya. ‘’Selain bencana, masalah sosial juga muncul akibat gesekan akivitas pertambangan antara pemilik atau pengusaha dengan warga. Karena pengangkutannya, polusi dan lainnya,’’ bebernya.

Sementara laporan tertinggi kedua terkait politik. Jumlahnya mencapai 151 laporan. Kondisi tersebut terjadi akibat Pemilu Gubernur (Pilgub) 2018 dan menjelang Pemilu 2019. Urutan berikutnya masalah hankam (89), ekonomi (22) dan budaya (7). Laporan tersebut dari tim terpadu yang beranggotakan para  pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) atau instansi vertikal lainnya. ‘’Termasuk dari kejaksaan, TNI dan Polri,’’ imbuhnya.

Juri belum memiliki data laporan kewaspadaan 2019. Dalihnya belum direkapitulasi. Dari gambaran awal, masalah yang dilaporkan tidak beda jauh dengan tahun sebelumnya. Masih didominasi masalah sosial dan politik. ‘’Kemungkinan dibanding tahun sebelumnya jumlah laporan tahun ini lebih besar,’’ prediksinya.

Hingga April ini, meski belum didata, laporan masuk sudah tinggi. Lagi-lagi didominasi bencana Februari lalu. Terutama dari wilayah utara meliputi Tegalombo dan Arjosari. Pun dari timur, meliputi Tulakan dan Sudimoro. Sedangkan, lainnya minim lantaran kondisi geografis aman. Sementara masalah politik muncul bersamaan Pemilu 2019. ‘’Terutama memasuki masa kampanye,’’ ungkapnya. (odi/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close