MadiunPolitik

Masa Tenang, Bawaslu Amankan 700 Eksemplar Koran Bernuansa Kampanye

KOTA – Sehari jelang coblosan, warga Kota Madiun diserang kampanye terselubung. Bentuknya berupa penyebaran koran Swara Indonesia Raya berisi salah satu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Jumlahnya ada sekitar 700 eksemplar.

Ketua Bawaslu Kota Madiun Kokok Heru Purwoko mengatakan ratusan eksemplar koran itu ditemukan oleh tim patroli pengawasan di 14 titik. Antara lain di Jalan Sri Linuhung, Jalan Majapahit atau barat lapangan Winongo, Jalan Pelita Tama Rejomulyo, Jalan Halmahera dan Jalan Anggrek (selengkapnya lihat grafis). ’’Koran itu diamankan karena terdapat unsur kampanye di dalamnya. Namun tidak ada muatan menjelek-jelekkan capres lainnya,’’ katanya, Selasa (16/4).

Hanya, Bawaslu belum bisa memastikan siapa oknum yang menyebar koran tersebut. Padahal, apabila tertangkap oleh panwascam maupun PPL yang bersangkutan bisa dijerat pidana pemilu. Karena melakukan kampanye terselubung pada saat masa hari tenang. ’’Koran itu ditemukan di beberapa poskamling maupun warung. Ditinggal di tempat tersebut dalam bentuk satu bendel (50 eksemplar) oleh seseorang,’’ ujarnya.

Kendati demikian di halaman pertama koran terbitan edisi Sabtu, 6 April 2019 itu tertera stempel salah seorang calon legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) VIII Jatim. Bawaslu yang menemukan fakta tersebut mencoba mengklarifikasi ke yang bersangkutan kemarin.

Hasilnya, stempel itu tidak ada kaitannya dengan nama caleg tersebut. Sebaliknya, mereka berdalih stempel yang dimaksud berbeda dengan model aslinya. ’’Karena stempel mereka itu terdapat logonya. Di samping memuat nomor urut dan nama,’’ ungkap Kokok.

Meski begitu, Kokok mengaku tidak percaya begitu saja. Pihaknya memastikan bakal menelusuri lebih lanjut keberadaan oknum yang menyebar koran tersebut. ’’Kalau ditemukan adanya bukti-bukti lain yang mengarah ke caleg itu nanti akan kami tindak lanjuti lebih jauh,’’ jelasnya. (her/ota)

 

 

 

 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close