Manfaatkan Lahan Kosong untuk Perluas RTH

66

MAGETAN – Program seratus ruang terbuka hijau (RTH) terus bergulir. Momen itu sekaligus menjadi dorongan besar bagi pemkab untuk semakin merealisasikan perwajahan Magetan menjadi kota hijau (green city).

Untuk mewujudkannya, pemkab menambah ketersediaan RTH, seperti revitalisasi Taman Bulukerto. ‘’Sebagai salah satu program Magetan Smart, kami coba perbanyak RTH dengan memanfaatkan lahan kosong yang tidak digunakan oleh pemkab,’’ kata Bupati Magetan Suprawoto saat meninjau RTH Bulukerto kemarin (26/3).

Tidak sekadar penghias wajah kota, RTH mempunyai dua fungsi utama. Pertama, fungsi ekologis sebagai pencegah banjir, pengatur iklim mikro, serta mengurangi polusi udara. Kedua, fungsi sosial sebagai tempat rekreasi atau interaksi antarwarga. Bahkan, dijadikan tempat melakukan berbagai aktivitas olahraga. ‘’Jadi, lebih mengedepankan pengenalan alam. Seperti adanya berbagai jenis pohon jati serta bunga hias,’’ ujar bupati yang akrab disapa Kang Woto itu.

Dia menegaskan tentang pentingnya peran warga dalam memperluas RTH di Magetan. Regulasi tidak rumit. Berbekal proposal, siapa pun bisa datang dan mengajukan pembangunan ruang terbuka hijau di lingkungan sekitarnya. ‘’Jadi, laporan warga menjadi jalan utama bagi pemkab untuk terus menambah persentase lahan RTH di Magetan,’’ tutur mantan Sekjen Kementerian Kominfo itu.

Anggaran untuk pembangunan meningkat dari tahun ke tahun. Penggelontoran dana tersebut sebagai usaha memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Untuk tahun ini, pemkab sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 900 juta untuk membangun tiga taman baru. Lokasinya di Kecamatan Barat, Karangrejo, dan Maospati.

Karena itu, Kang Woto mendorong warga untuk ikut membantu memelihara RTH tersebut ketika nanti sudah dibangun. Saat ini, pemkab bekerja sama dengan karang taruna setempat untuk pengelolaan RTH di sejumlah titik. Salah satunya di Bulukerto. ‘’Yang jelas, ke depannya masyarakat diharapkan bisa memanfatkan lahan ini untuk kepentingan umum,’’ pungkasnya. (mgc/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here