Malu Naik F1Z, Pemuda Ini Nekat Nyolong Jupiter Z

59
PANJANG TANGAN: Sigit Ariyanto, tersangka pencurian motor Jupiter Z milik Suyitno, ditangkap polisi di rumahnya, 20 September lalu.

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sigit Ariyanto, 24, pemuda yang tidak bisa bersyukur. Warga Desa Jetis Lor, Nawangan, Pacitan, itu mencuri motor Yamaha Jupiter Z milik Suyitno yang tinggal di Desa Kebonsari, Punung. Alasannya ditengarai malu mengendarai motor miliknya, Yamaha F1Z, yang dalam kondisi pretelan. Belum sampai dua hari mengendarai motor curian, pelaku diringkus polisi. ‘’Tersangka ingin memakai sendiri motor milik korban,’’ kata Kasat Reskrim Polres Pacitan AKP Imam Buchori Selasa (1/10).

Kasus pencurian itu terjadi 18 September lalu. Sigit berkeliling kampung mengendarai motor dua tak-nya mencari mangsa dini hari. Setibanya di Desa Kebonsari, tersangka mendapati motor Jupiter Z nopol AD 2413 BU terparkir di halaman rumah Suyitno. Tersangka memarkir motornya sejauh 100 meter dari tempat kejadian perakara (TKP). ‘’Lalu mengendap-endap memasuki pelataran rumah korban,’’ ujarnya.

Tersangka membuka paksa lubang kunci motor menggunakan obeng. Kemudian kabur meninggalkan motor bututnya dengan kunci menancap. Untuk menghilangkan jejak, bodi motor curian dibongkar. ‘’Pelat nomor juga dilepas,’’ imbuh kasat reskrim.

Korban lantas melaporkan hilangnya motor ke Polsek Punung. Polisi lantas menyebar jaring-jaring informasi. Hingga mendapati petunjuk untuk menemukan pelakunya. Sigit berhasil dibekuk di rumahnya, 20 September. Barang bukti (BB) motor milik korban beserta bodi yang dilepas, juga pelat nomor, ditemukan. Pun obeng yang digunakan untuk melancarkan aksinya. ‘’Tersangka dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara maksimal tujuh tahun,’’ kata Imam. (den/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here