Malam Pergantian Tahun, Alun-Alun Steril Kendaraan

97

NGAWI – Sejumlah ruas jalan Ngawi kota malam ini ditutup total selama pelaksanaan car free night (CFN) menyambut tahun baru. Penutupan itu dilakukan untuk memastikan selama kegiatan CFN berlangsung tidak ada kendaraan yang masuk kawasan Alun-Alun Merdeka. ‘’Akan kami tutup mulai sore sampai kegiatan selesai,’’ kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Ngawi Ipda Nur Hidayat kemarin (30/12).

Dijelaskan, penutupan sejumlah ruas jalan itu dibagi menjadi dua ring. Ring pertama merupakan zona steril kendaraan bermotor. Di antaranya, Jalan Jaksa Agung Suprapto Hasanudin, serta sebagian Thamrin, Teuku Umar, dan Yos Sudarso. Sedangkan ring kedua sebagai kantong parkir pengunjung CFN. Di antaranya, Ronggowarsito, Kartini, serta sebagian Thamrin, Teuku Umar, dan Yos Sudarso.

Jika kantong parkir yang disediakan tidak cukup menampung kendaraan, kata dia, akan dilakukan perubahan rekayasa lalu lintas secara insidental. Misalnya dengan menutup total Jalan Yos Sudarso dan mengalihkan arus ke Jenderal Sudirman. ‘’Kalau kurang akan kami tambah kantong parkirnya,’’ ujarnya.

Bagaimana dengan ruas jalan nasional? Nur mengatakan, jika mengalami peningkatan kepadatan kendaraan, bakal dilakukan pengalihan arus. Opsinya, arus dialihkan ke ring road. ‘’Jika dirasa perlu, nanti kendaraan dari Madiun maupun Solo mengambil jalur ring road,’’ jelasnya.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Totok Sugiharto mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan beberapa acara untuk mengisi kegiatan CFN malam ini. ‘’Yang pasti, ada hiburan musik dan pesta kembang api,’’ ungkapnya. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here