AdvertorialMadiun

Maidi: Pelayanan Cepat dan Tepat

MADIUN – Peningkatan kunjungan pasien di RSUD Kota Madiun selama Idul Fitri seperti terjadi tahun-tahun sebelumnya telah diantisipasi. Rumah sakit milik pemkot itu telah menyiapkan alat, obat, dan tenaga medis siaga 24 jam selama Lebaran.

Beberapa fasilitas yang menjadi pritoritas, antara lain, instalasi gawat darurat (IGD), instalasi diagnostik dan intervensi vaskular, ambulans, serta rawat inap. Direktur RSUD Kota Madiun dr Resti Lestantini menyatakan, pihaknya bakal menambah tenaga medis untuk menghadapi libur Lebaran.

Misalnya, penjadwalan piket on-site. Yakni, tenaga pelayanan rutin. Ada pula on call atau tenaga yang setiap waktu dapat dipanggil apabila diperlukan. Kendati demikian, layanan on call itu digunakan bila ada kejadian gawat darurat. ’’Hanya poin SOP-nya, kalau ada pasien yang melebihi kapasitas itu ada ring-ring yang akan kami gunakan,’’ ujarnya.

dr Resti menyatakan, tercatat ada 220 tempat tidur yang disiapkan oleh pihaknya untuk merawat pasien. Dari jumlah tersebut, 60 unit extra bed bisa difungsikan mobile. Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan ambulans. ’’Ready setiap saat 24 jam,’’ ujarnya. Persediaan obat selama Lebaran juga telah mencukupi. Baik obat darurat maupun biasa.

Tenaga medis yang telah disiapkan berjumlah ratusan orang. Ada pula petugas administrasi, bidang manajemen, dan bidang penunjang yang akan ditambah. Sejak beberapa tahun terakhir, jumlah kunjungan IGD RSUD Kota Madiun saat Idul Fitri terus naik. ’’Kami kedepankan pelayanan yang prima kepada pasien,’’ terang Resti.

Sebelumnya, Wali Kota Madiun Maidi mengharapkan agar RSUD Kota Madiun bisa mempersiapkan diri menghadapi Lebaran. Khususnya pemaksimalan extra bed yang difungsikan mobile. ’’Pelayanan cepat dan tepat,’’ ujar wali kota. (her/adv/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close