Maidi-Inda Raya Wujudkan Visi Kota Madiun Sejuta Bunga

56

MADIUN – Visi Maidi-Inda Raya (Mada) menjadikan Madiun sebagai kota sejuta bunga mulai diwujudkan.  Misalnya dengan menggalakkan penanaman bunga di berbagai lahan terbuka milik daerah.

Jumat (19/7) lalu, gerakan itu direalisasikan oleh Wali Kota Maidi di Kota Pendekar dengan menanam berbagai jenis bunga seperti bugenvil dan asoka di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Aksi itu berkolaborasi dengan para warga lanjut usia (lansia) Kota Madiun, diskominfo, disperkim, dan seluruh stakeholder.

Maidi mengatakan, penetapan Madiun sebagai kota sejuta bunga bukan tanpa alasan. Konsep itu bahkan disebutnya bagian dari kelanjutan program Madiun Bangkit yang dijalankan sejak 25 tahun lalu. Di mana ketika itu Madiun sempat menjadi kota terkotor lantaran banyaknya bak sampah yang berada di tempat umum.

previous arrow
next arrow
Slider

Sehingga, lanjut dia, banyak sampah menumpuk di pinggir jalan dan perkantoran. Yang kemudian berdampak pada pencemaran lingkungan dan menimbulkan bau tidak sedap. Perlahan wajah Kota Madiun coba ditata olehnya. ‘’Dulu Bantaran Kali Madiun terkesan kumuh. Tapi, perlahan coba kami tata. Seperti menyulap (lahan kosong) menjadi taman bunga,’’ katanya.

Selanjutnya, Maidi berharap taman bunga di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun bisa menjadi objek wisata tematik baru bagi masyarakat. Di samping taman-taman lainnya yang sudah ada sekarang. ‘’Di sini nanti bisa digunakan sebagai tempat selfie. Kami juga sudah bangunkan gazebo. Sehingga, kesannya tertata rapi sebagai tempat wisata baru,’’ ungkapnya.

Yang jelas, program Madiun sebagai kota bunga itu bukan sekadar formalitas. Pemkot juga mendorong pemberdayaan warga lansia untuk menanam bunga di sekitar lingkungan tempat mereka tinggal. Selain itu, penanaman bunga diharapkan bisa dilakukan di sekolah-sekolah. Dengan harapan siswa bisa belajar dengan nyaman karena lingkungan tempat mereka belajar tertara apik.

Karena program ini merupakan bagian dari visi wali kota, Maidi menyatakan perawatan bunga-bunga itu harus dilakukan secara berkala. Dia juga mengajak masyarakat melakukan hal serupa supaya Kota Madiun terlihat indah. ‘’Penanaman bunga nanti juga akan dilakukan di Embung Pilangbango dan lahan kosong di depan kantor Kecamatan Taman. Dengan begitu, masyarakat punya banyak pilihan tempat untuk rekreasi yang mudah dan murah,’’ terang mantan sekda Kota Madiun itu. (her/c1/ota/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here