Mahasiswa Tuding Pemkab Ponorogo Tebang Pilih

224

PONOROGO – Penertiban pasar atas dasar Perda 1/2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Ponorogo dinilai tebang pilih oleh kalangan mahasiswa. Sebelum ekskavator merobohkan bangunan pasar eks stasiun, mereka menyuarakan protesnya kepada Pemkab Ponorogo. ‘’Jika satu digusur, lainnya juga,’’ kata Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ponorogo Deny Nur Cahyo.

Deny dan 13 mahasiswa lain sempat berorasi memprotes penertiban pasar eks stasiun. Mereka juga memajang satu banner besar berisi sejumlah poin. Di antaranya, Bupati jangan seenaknya terhadap rakyat kecil atau Perda 1/2012 tentang RTRW bukan senjata untuk membongkar bangunan baru. Deny pun menegaskan, selama ini pemkab tebang pilih dalam menegakkan aturan. ‘’Kenapa tempat hiburan malam (THM) yang notabene tempat mesum dan menempati lahan PT KAI malah dibiarkan,’’ ungkapnya.

Mahasiswa sempat ricuh dengan petugas gabungan ketika ekskavator mulai merangsek ke Jalan Biak. Mereka terpaksa ’’dipinggirkan’’ para petugas lantaran kekeh ingin menghalangi penertiban. Deny menilai, sepatutnya pemkab menegakkan aturan RTRW dan izin mendirikan bangunan (IMB) secara adil. Mereka juga sempat meminta audiensi dengan bupati. ‘’Kami ingin audiensi jika pasar ini dibongkar. Kenapa semua tempat tidak diberlakukan sama untuk lahan hak milik PT KAI lainnya,’’ protes Deny.

Kasatpol PP Supriyadi mengatakan, penertiban kemarin hanya menyasar bangunan inti pasar eks stasiun. Yakni, deretan kios baru yang tidak mengantongi IMB. ‘’Hanya bangunan inti, lapak-lapak lain apakah boleh digunakan lagi oleh pedagang, bukan kami yang memutuskan,’’ katanya saat dikonfirmasi di lokasi penertiban.

Supriyadi menyebut bahwa satpol PP hanya bagian dari tim lintas-organisasi perangkat daerah (OPD) yang dibentuk pemkab dalam menertibkan pasar eks stasiun. Bagaimana nasib bangunan lain di eks stasiun, lanjut Supriyadi, berada di tangan bupati. ‘’Setelah ini kami koordinasi dengan tim. Pimpinan (bupati) yang dapat memutuskan,’’ ujarnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here