Magetan Aman, H-10 Mulai Distribusi Logistik Pemilu

97

MAGETAN – KPU Magetan putar otak dalam pendistribusian logistik pemilu. Sebagaimana diketahui, ada lima kotak suara. ’’Dalam satu tahap logistik, satu kategori pemilu di 18 kecamatan akan kami selesaikan dulu, baru lainnya,’’ kata Ketua KPU Kabupaten Magetan Poppy Putranto.

Menurut Poppy, jika logistik lima kategori pemilu didrop pada PPK dalam satu waktu, akan ribet. Sebab, bakal ada lima kotak suara. Memang, pendistribusiannya akan memakan waktu. Dalam satu PPK, bakal lima kali dikunjungi oleh KPU di waktu yang berbeda. Namun, cara itu lebih aman ketimbang ada kekeliruan dalam pendistribusian logistik nantinya. ’’Sudah kami petakan agar pendistribusiannya bisa cepat,’’ ujarnya.

Pendistribusian itu direncanakan pada H-10 pemungutan suara. Waktu itu dirasa Poppy cukup untuk mendistribusikan logistik di 18 kecamatan yang berbeda. Pun, pendistribusian dari tingkat PPK ke tingkat panitia pemungutan suara (PPS). Meski di-handle oleh PPK, pendistribusian logistik ke tingkat desa itu tetap dalam pemantauannya. Termasuk seperti apa kendala yang dihadapi oleh pihak PPK. ’’Tetap kami kontrol pendistribusiannya,’’ tutur Poppy.

Mendasar dari pengalaman pendistribusian logistik pemilu, menurut Poppy tidak ada daerah yang rawan. Dari geografis Magetan, semuanya aman. Tidak ada daerah rawan longsor yang bakal dilalui. Semua lokasi juga dapat dijangkau oleh moda transportasi darat. Sehingga, dipastikan pendistribusian logistik Pemilu 2019 nanti tidak akan menemui kendala apa pun. ’’Magetan aman-aman saja. Tidak seperti daerah tetangga, seperti Pacitan mungkin rawan longsor,’’ bebernya.

Menurut Poppy, yang perlu diwaspadai adalah musim penghujan. Namun, untuk mengantisipasinya, semua kotak suara yang terbuat dari kardus itu sudah dimasukkan ke dalam plastik. Sehingga, akan tetap aman jika diguyur hujan selama dalam perjalanan menuju lokasi PPK. Mengingat cuaca tidak bisa diprediksi kedatangannya. ’’Tapi, itu bukan masalah yang berat. Karena sudah kami antisipasi,’’ katanya.

Hingga kini, logistik Pemilu 2019 masih belum komplet. Hingga kini formulir salinan C-1 masih belum datang. Masih belum tahu kapan kelengkapan pemilu itu tiba di gudang sementara KPU Magetan di Baron. Setelah semua logistik komplet, barulah pendistribusian itu bisa dilakukan. ‘’Masih ada banyak waktu. Harus dipastikan semua logistik komplet dan tidak ada yang kurang pada saat pelaksanaan pemilu,’’ pungkasnya. (bel/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here