Longsor, Tiga Jam Dua Rumah Rata Tanah

165

PACITAN – Yusuf nyaris kehilangan nyawa. Rumahnya di RT 09 RW 08 Dusun Grogol, Tahunan, Tegalombo, Pacitan, rata tanah diterjang longsor. Hujan yang mengguyur desanya sejak sore membuat tebing di belakang rumahnya ambrol sekitar pukul 18.20, Rabu (6/3). Kejadian tiba-tiba tersebut membuat seisi rumah kocar-kacir menyelamatkan diri. ‘’Pak Yusuf yang terlambat lari, sempat tertimpa reruntuhan,’’ kata Maryadi, warga setempat, kemarin (7/3).

Teriakan keluarga itu dan kerasnya suara gunturan sontak  mengundang masyarakat setempat. Hingga, Yusuf berhasil dievakuasi dari reruntuhan rumahnya. Meski lolos dari maut, kaki kanan bapak satu anak itu patah tertimpa material rumah. ‘’Saat ini korban di rumah sakit di Ponorogo, karena lebih dekat ke sana daripada ke kota (Pacitan, Red),’’ ujarnya.

Kondisi jalan menuju lokasi yang licin ditambah guyuran hujan, membuat ambulans dan kendaraan roda empat tak dapat masuk. Sehingga warga harus menandu Yusuf sejauh dua kilometer berjalan kaki. ‘’Ada longsoran juga di jalan, jadi gak bisa lewat. Bisanya harus pakai motor lagi setengah jam baru sampai luar,’’ tuturnya.

Sementara rumah Dakun yang berjarak 10 meter dari rumah Yusuf menyusul diterjang longsor tiga jam berselang. Tebing setinggi 10 meter di samping rumah itu mendadak ambrol. Beruntung, Dakun dan keluarganya lebih dulu mengungsi setelah rumah Yusuf hancur. ‘’Jadi, saat kejadian rumah saya kosong,’’ kata Lastri, istri Dakun.

Akibat terjangan longsor tersebut, dinding samping rumahnya jebol. Bagian dapur rata tanah. Lantaran ditinggal mengungsi, seluruh perabotan di rumah tersebut rusak diterjang material lumpur dan batu. ‘’Semua habis, rumah mungkin gak bisa ditempati,’’ ujarnya.

Fendi Sugiharto, koordinator relawan Tegalombo, menambahkan, lebih dari belasan titik longsor di Tegalombo. Mayoritas di sekitar jalan dusun dan antarkabupaten. Bahkan, materialnya menutup akses jalur alternatif Kecamatan Tegalombo dan Bandar. ‘’Saat ini relawan telah kami sebar untuk membantu proses evakuasi dan pembersihan material longsor,’’ terang Fendi. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here