Long Weekend, Tarif Bus AKAP Naik 5 Persen

47

NGAWI – Momen long weekend membawa berkah bagi pengusaha angkutan bus. Jumlah penumpang naik signifikan meski untuk jenis antarkota antarprovinsi (AKAP) operator atau biasa disebut bus Jakartanan harga tiket naik 5 persen. ‘’Sudah biasa, tarif naik saat ada libur panjang,’’ kata Kepala Terminal Ketonegoro Ngawi Ali Imron, Kamis (18/4).

Imron mencontohkan bus AKAP tujuan Jakarta. Harga tiket yang semula Rp 180 ribu, pada long weekend ini naik menjadi Rp 190 ribu. Sementara, tarif bus antarkota dalam provinsi (AKDP) tidak berubah. ‘’Untuk jumlah bus yang beroperasi masih di kisaran 1.000 unit per hari,’’ sebutnya.

Dia menuturkan, pada momen long weekend kali ini, jumlah penumpang meningkat sekitar 20 persen dibanding hari biasa. Mereka didominasi warga yang hendak bepergian ke Jakarta. ‘’Jalan tol juga berdampak pada perilaku penumpang. Sebab, ada juga bus yang menyediakan pelayanan perjalanan full tol,’’ tuturnya.

Menyikapi peningkatan jumlah penumpang, pihak terminal memaksimalkan berbagai fasilitas dan pelayanan seperti ruang tunggu, keamanan, serta penerangan. Kendati begitu, Imron mengamini bahwa tidak sedikit penumpang yang masih enggan naik bus di dalam terminal. ‘’Bukan apa-apa, manfaat naik bus di terminal itu juga untuk penumpang sendiri. Misal ada tas atau barang bawaan yang tertukar, kami siap 24 jam,’’ ujarnya. (den/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here