Long Weekend, Penumpang Kereta Api Melonjak

34

MADIUN – Memasuki long weekend Paskah 2019, petugas daerah operasional (daop) VII Madiun siaga penuh. Sebab, diprediksi terjadi lonjakan penumpang. Jika dalam 1×24 jam penumpang kereta api mencapai 1.500 orang, diperkirakan naik sampai 2.000 orang lebih. ’’Ramainya mulai besok (hari ini) karena libur nasional sampai kembali hari normal (Senin, Red),’’ ujar Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, Kamis (18/4).

Dia menambahkan, penumpang paling banyak dari Jakarta, Bandung dan sekitarnya. Tujuan paling banyak setelah Madiun  adalah Kediri dan Jombang. Juga banyak orang Magetan yang turun di Stasiun Madiun. Sebab, rata-rata kereta api yang mereka tumpangi tidak berhenti di Stasiun Barat, Magetan. ’’Itu tidak terpantau volume penumpangnya berapa,’’ ujarnya.

Sesuai dengan standar operational procedure (SOP), kata dia, antisipasi dilakukan dengan menyiagakan seluruh personel KAI. Termasuk manajer dan jajarannya. Adanya libur panjang ini, para karyawan KAI tidak diperkenankan untuk meliburkan diri. ‘’Khususnya para manajer yang ada, tapi dilakukan pemantauan di lapangan,’’ ungkapnya.

Tim pengamanan telah melakukan persiapan teknis.Termasuk mempersiapkan lokomotif. Ini karena daop 7 Madiun berada di tengah. Dalam artian, jika ada gangguan perbaikan teknis seperti penambahan air dilakukan di stasiun Madiun. ’’Fasilitas penunjangnya ada disini,’’ jelasnya.

Sementara itu, libur saat pesta demokrasi tidak terlalu berdampak signifikan terhadap volume penumpang di stasiun Madiun. Sebab, untuk mencoblos tidak harus pulang dengan ketentuan berlaku. ’’Perusahaan-perusahaan masih ada aktivitas, kan bisa mengurus surat untuk pindah lokasi mencoblos,’’ ujarnya. (dil/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here